Peneliti: Pendudukan Curi Arsip Palestina

Amman, MINA – Peneliti Moeen Al-Taher, Koordinator Proyek Penelitian dan Dokumentasi Isu Palestina di Pusat Penelitian dan Studi Kebijakan Arab di Doha, mengatakan pendudukan Israel terus-menerus berusaha mencuri dan menjarah .

Al-Taher  mengatakan dalam lokakarya yang diadakan oleh Pusat Dokumentasi Hashemite bekerja sama dengan Pusat Arab, di ibukota Yordania, Amman, Jumat (2/9).

Pendudukan di antaranya mencuri arsip Salvation Army, arsip politik dan keamanan, pada tahun 1967.

Direktur Jenderal Pusat Dokumentasi Kerajaan Yordania, Muhannad Mobaideen, menunjukkan pusatnya “mengarsipkan 4.235 dokumen, melalui 22 proyek antara tahun 1957 dan 1972”.

“Kesulitan yang dihadapi dalam pengumpulan arsip Palestina dan arsip bersama Yordania-Palestina, karena banyak yang dicuri”, ujarnya.

Beberapa rekomendasi disampaikan dalam lokakarya tersebut, antara lain “bekerja untuk membentuk pusat arsip nasional terpadu yang mencakup semua bahan kearsipan dalam segala bentuknya.”

Rekomendasi lainnya, penerapan standar internasional dalam sterilisasi, restorasi, pengarsipan dan transformasi digital. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.