Penembakan di Jerman Sasar Sinagog, Dua Orang Mati

Polisi Jerman mengamankan Sinagog Yahudi di kota Halle. (Foto: dok. Nahar Net)

Halle, MINA – Penembakan terjadi di kota Halle, Jerman, pada Rabu (9/10). Saksi mengatakan bahwa sebuah sinagog berada di antara sasaran penembak ketika orang Yahudi merayakan hari suci Yom Kippur.

Satu tersangka ditangkap tetapi perburuan terhadap pelaku lainnya sedang berlangsung. Keamanan diperketat di rumah-rumah ibadah di kota-kota Jerman Timur lainnya, sementara di Halle sendiri ditutup.

“Indikasi awal menunjukkan bahwa dua orang tewas di Halle. Beberapa tembakan dilepaskan,” kata polisi di Twitter, demikian Nahar Net melaporkan.

Polisi mengatakan, pelaku melarikan diri dengan mobil, kemudian menambahkan bahwa satu tersangka telah ditangkap.

Pemimpin komunitas Yahudi Max Privorotzki yang berada di sinagog Halle mengatakan kepada Stuttgarter Zeitung, “kami melihat melalui kamera sinagog kami bahwa seorang pelaku bersenjata berat yang mengenakan helm baja dan senapan sedang berusaha menembak membuka pintu kami.”

“Pria itu kelihatannya berasal dari pasukan khusus. Tapi pintu kami tetap kokoh,” katanya, seraya menambahkan bahwa ada juga upaya untuk menembak membuka gerbang ke pemakaman Yahudi di sebelahnya. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA),

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.