Penerbangan Perdana Repatriasi 1.500 Warga Sudan dari Lima Negara Teluk.

Khartoum, MINA – Pemerintah Sudan melalui Komite Khusus Repatriasi Pemulangan Warga dari Luar Negeri, melakukan tahap pertama Penerbangan Repatriasi membawa pulang sebanyak  1,500 orang dari lima negara Teluk dalam rangka penanganan COVID-19.

Pemulangan dengan pesawat pertama dijadwalkan tiba Bandara Internasional Khartoum, Ahad (21/6).

Pengumuman tersebut disampaikan melalui media sosial Bandara Internasional Khartoum, Sabtu (20/6) petang.

Tahap pertama untuk Penerbangan Repatriasi sebanyak  1.500 orang, dari negara-negara Teluk diantaranya, Mesir, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Oman.

Pengangkut dalam program pemulangan ini adalah lima  maskapai nasional maupun regional, diantaranya ,Maskapai BUMN Sudan (Sudan Airways), Tarco Airlines (Sudan), Badr Airlines ( Sudan), Fly Dubai (UEA), Emirate (UEA).

Menurut  siaran pers Bandara Internasional Khartoum, program repatriasi ini dijadwal dengan 12 kali penerbangan, masuk di Bandara Internasional Sudan.

Sementara itu sebelumnya Pemerintah Sudan melalui Menteri Kebudayaan dan Informasi  sekaligus Anggota Komite Tertinggi untuk Keadaan Darurat Kesehatan Nasional, Dr. Faisal Muhammad Saleh, mengungkapkan, bahwa  pemerintah sudah membentuk Komite Khusus untuk repatriasi  warga Sudan yang masih terjebak di luar negeri.

Menurut data sebanyak 18 ribu orang Warga Sudan positif Covid-19 di 22 negara, akan segera dievakuasi sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19, termasuk nanti proses karantina yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Sudan.

Selain itu, menurut data terbaru Kementerian Kesehatan Sudan melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 secara nasional, hasil Swab Test  secara nasional pada Rabu  (17/6) yang  dipublikasikan hari  Sabtu (20/6) malam, terdapat kasus baru 164  orang positif COVID-19.

Sementara itu 121  orang dinyatakan sembuh sehingga total sembuh menjadi  3.325 orang, 8  kasus baru meninggal sehingga total keseluruhan  521  orang.

Jumlah keseluruhan dari awal masuk penyebaran Covid-19 di Sudan hingga hari ini yang dinyatakan positif total secara nasional berjumlah  8.580 orang. (L/B02/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)