155 PENDUKUNG IKHWANUL MUSLIMIN MESIR DIPENJARAKAN

Kairo, 22 Rajab 1435/21 Mei 2014 (MINA)- jatuhkan hukuman terhadap 155 pendukung dengan hukuman penjara Rabu (21/5).

Sumber pengadilan mengatakan, kasus tersebut berkaitan dengan kekerasan yang terjadi di provinsi Delta Nil Mansour Agustus lalu setelah pemecatan presiden terguling Muhamad Mursi, demikian  dilaporkan media Al Arabiya, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sebanyak 54 dihukum seumur hidup sedangkan terdakwa lainnya dihukum anatara tiga sampai sepuluh tahun penjara. Tuduhan  tersebut memicu kekerasan dan kekacauan oleh  anggota kelompok yang dilarang itu. Polisi menembakkan pada demonstran di luar gedung pengadilan yang meneriakkan penolakan terhadap putusan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Pengadilan Negeri Kairo  menjatuhi hukuman 10 tahun kurungan terhadap 102 pendukung presiden terguling Muhamed Mursi, sedangkan dua terdakwa lainnya dihukum tujuh tahun penjara atas tuduhan telah terbukti melakukan aksi pembunuhan dan terlibat kerusuhan.

Mereka dituduh melakukan percobaan pembunuhan, menghasut pembunuhan, mengancam dengan kekerasan dan merusak properti milik pribadi dan umum  menyusul aksi protes yang dilancarkan di distrik Al-Zaher, Kairo, setelah penggulingan Mursi pada 3 Juli 2013.

Kelompok Hak Asasi Manusia mengatakan, lebih dari 1.400 orang tewas dan ribuan orang lainnya dipenjara sejak penggulingan Mursi, karena mereka terus terlibat dalam aksi menentang penggulingannya.

Mursi yang berasal dari organisasi  Islam di Mesir, Ikhwanul Muslimin, hingga kini masih mendekam bersama rekan-rekannya, petinggi kelompok perlawanan lainnya di dalam penjara militer. Pengadilan Minya di selatan Kairo baru-baru ini memvonis hukuman mati terhadap ratusan anggota dan petinggi  Ikhwanul Muslimin. Keputusan itu dikecam sejumlah negara dan organisasi internasional termasuk PBB.(T/Nidiya/EO2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://english.alarabiya.net/en/News/middle-east/2014/05/21/Egypt-court-jails-155-Brotherhood-supporters.html

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0