Pengamat AS: Trump Tunduk oleh Netanyahu Tutup Kantor PLO

Dave Lindorff. (Press TV)

Philadelphia, MINA – Pemerintahan Presiden Amerika Serikat dinilai tunduk oleh tekanan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terkait penutupan kantor misi diplomatik di Washington, DC.

Hal itu dianalisa oleh penulis Amerika Serikat dan wartawan investigasi Dave Lindorff yang tinggal di Philadelphia. Ia mengatakannya kepada Press TV pada Sabtu (25/11) dan dikutip MINA.

Sementara itu sebelumnya pada Selasa pekan lalu, Departemen Luar Negeri AS meralat berita penutupan misi PLO tersebut dengan mengatakan bahwa AS menginginkan kantor itu tetap buka di Washington.

Dave Lindorff merupakan kolumnis untuk Counter Punch dan kontributor Business Week serta media berita lainnya. Pekan lalu, AS memerintahkan untuk menutup kantor Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dalam menanggapi upaya Palestina untuk mengadili pejabat-pejabat tinggi Israel di Pengadilan Pidana Internasional (ICC).

Israel dianggap telah melakukan pelanggaran dengan perluasan permukiman ilegal di tanah Palestina yang diduduki dan kejahatan lainnya, khususnya selama tiga kali perang di Jalur Gaza.

“Saya pikir, entah bagaimana mereka membungkuk terhadap tekanan Netanyahu dan pemerintah Israel untuk menutup kantor dan kemudian menyadari bahwa itu adalah sebuah kesalahan,” kata Lindorff.

“Jadi mereka harus mundur dan membiarkan kantor tetap terbuka, karena jika tidak mereka tidak bisa melakukan negosiasi. Jadi itu sebabnya mereka membalikkan jalannya,” tambahnya. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.