Pengelolaan Zakat Secara Transparan, Baznas Luncurkan SiMBA

Jakarta, 4 Muharram 1438/5 Oktober 2016 (MINA) – Badan Amil Nasional () baru saja meluncurkan sistem entri data zakat yang dinamakan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (). Sistem tersebut diluncurkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim di Kantor Kemenag Jakarta, Rabu (5/10).

Ketua BAZNAS Prof. Bambang Sudibyo mengatakan melalui sistem ini proses pencatatan dan pelaporan zakat menjadi terintegrasi secara nasional dari BAZNAS ke Kementerian Agama (Kemenag) menggunakan sistem yang sama, demikian Lembaga Amil Zakat (LAZ) lainnya juga terintergrasi dengan SiMBA.

“Dengan pengumpulan zakat yang profesional, transparan, kemudian masyarakat semakin percaya, kalau percaya pengumpulan zakat lebih baik dan bisa meningkatkan kesejahteraan, untuk membangun masyarakat,” ujarnya kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di sela acara peluncuran.

Baca Juga:  KNEKS Resmikan Kawasan Kuliner Ramah Muslim di Labuan Bajo

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, program ini merupakan salah satu tonggak bersejarah bagaimana memanfaatkan teknologi yang ada untuk melakukan manajemen zakat yang terhimpun agar lebih transparan.

Dengan sistem yang terintegrasi secara online dan saling terhubung ini, Menag Lukman juga berharap nilai kepercayaan masyarakat menyishkan uang untuk berzakat dan sedekah bisa tinggi dan dapat dimanfaatkan secara maksimal kepada sesama yang membutuhkan.

“Harapan semoga pengelolaan zakat lebih baik, ini adalah salah satu bentuk kontribusi umat muslim Indonesia dalam ikut membangun memberdayakan masrakayat, bagaimanapun juga ini tanggung jawab kita semua dalam pertumbuhan (ekonomi) sesama,” tutup Menag. (L/M09/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.