PENGERAS SUARA MASJIDIL HARAM TERDENGAR 9 KM

Pihak berwenang Makkah memasang 4.000 pengeras suara terbaik di seluruh kawasan Masjidil Haram dan sekitarnya (Foto: Arab News)
Pihak berwenang Makkah memasang 4.000 pengeras suara terbaik di seluruh kawasan dan sekitarnya (Foto: Arab News)

Makkah, 17 Ramadhan 1435/15 Juli 2014 (MINA) – Pihak berwenang di Makkah, Arab Saudi telah memasang 4.000 pengeras suara terbaik di seluruh area Masjidil Haram dan sekitarnya sehingga orang yang berjarak radius sembilan kilometer juga dapat mendengar doa atau pesan yang disampaikan.

Pemasangan pengeras suara paling canggih itu untuk memastikan kualitas suara terbaik selama puncak Ramadhan dan  musim haji paa saat ratusan ribu jamaah membanjiri kota suci Makkah guna melakukan  ibadah mereka.

“Pengeras suara juga telah dipasang di koridor dan kotak outdoor,” kata Faras Al-Saadi, direktur operasi di Masjidil Haram, seperti dilaporkan Arab News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

“Pihak berwenang memasang 656 pengeras suara dalam koridor timur masjid dan di lantai yang baru dibuka untuk kegiatan ibadah selama Ramadan,” kata Al-Saadi dalam sebuah pernyataan.

“Sebuah komite teknis telah memilih jenis pengeras suara yang paling canggih dan model terbaik untuk mendapatkan sistem suara yang paling efektif di seluruh dunia,” katanya.

“Berkat ini kualitas terbaik pengeras suara itu, doa akan dapat didengar hingga jarak 9.000 meter,” katanya.

Menurutnya, pengeras suara yang dipasang di luar terbukti tahan terhadap angin, yang berarti suara akan tetap jernih bahkan dalam cuaca buruk sekalipun.

“Ini merupakan prestasi teknis yang sangat kompleks,” kata Al-Saadi.

“Tiang khusus telah dipasang di beberapa jalan di sekitar daerah dan selatan masjid juga, “kata Al-Saadi lagi.

Pengeras suara juga dipasang di atas Menara Jam Makkah dapat didengar sampai radius tujuh kilometer dan lampu hijau serta putih yang terang sebagai penunjuk waktu shalat juga dapat dilihat dari jarak 30 kilometer, sehingga sangat membantu bagi jamaah yang mengalami kesulitan pendengaran. (T/P07/EO2 )

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.