Pengungsi Rohingya, Korsel Bantu 1,5 Juta Dolar AS

Cox’s Bazar, MINA – Korea Selatan memberikan bantuan krisis kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar sebesar 1,5 juta dolar AS (Rp21 miliar lebih) melalui UNHCR Bangladesh di bawah Rencana Tanggap Bersama (JRP) 2020 untuk Rohingya.

Sejak krisis Rohingya pada 2017, Pemerintah Korea Selatan telah bekerja sama dengan komunitas internasional untuk membantu Rohingya, demikian Kedutaan Besar Korsel di Dhaka, pada Ahad (15/11). Dhaka Tribune melaporkan.

Korsel telah memberi UNHCR Bangladesh total 4,2 juta dolar AS (Rp59 miliar lebih) antara 2017 dan 2020 untuk kegiatan terkait pengungsi Rohingya.

Pada konferensi tentang Dukungan Berkelanjutan untuk Tanggapan Pengungsi Rohingya yang diadakan pada tanggal 22 Oktober, Pemerintah Korsel mengungkapkan keprihatinan yang mendalam atas para pengungsi Rohingya, sebagai situasi kemanusiaan yang berlarut-larut.

Baca Juga:  ICAN: Israel Punya 90 Hulu Ledak Nuklir

Pemerintah Korsel menambahkan, tahun ini negaranya akan memberikan lebih dari 10 juta dolar AS, termasuk 7,5 juta dolar AS untuk pekerjaan badan-badan PBB di bawah Rencana Tanggap Bersama Bangladesh, ASEAN, dan masyarakat sipil, untuk membantu memperbaiki situasi kemanusiaan yang terkena dampak.

Kedubes Korsel mengatakan akan terus melakukan upaya terbaik untuk mengatasi krisis kemanusiaan akibat pengungsi Rohingya, bekerja sama erat dengan pemerintah Bangladesh dan masyarakat internasional. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf