PENGUNGSI SURIAH DI ALJAZAIR KEMBALI PULANG

Pengungsi Suriah Di AlJazair Memilih Pulang. (Foto : MEMO)
Pengungsi Suriah Di AlJazair Memilih Pulang. (Foto : MEMO)

Aljazair, 16 Dzulqa’dah 1435/11 September 2014 (MINA) – Bulan Sabit Merah Aljazair dan perwakilan masyarakat Suriah di Aljazair mengatakan, serombongan pengungsi Suriah di Aljazair kembali ke negara asal  terutama setelah situasi di beberapa provinsi serta  di ibukota Damaskus dan sekitarnya, makin aman.

Ketua Bulan Sabit Merah Aljazair, Saida Benhabyles mengatakan, ia mengucapkan selamat jalan kepada sekelompok pengungsi Suriah malam Kamis di Provinsi El-Moasker..

” Bulan Sabit Merah Aljazair memberikan bantuan yang signifikan kepada sekelompok keluarga Suriah yang ingin secara sukarela kembali ke negara mereka, dengan memfasilitasi tiket dan bantuan lainnya,” tambahnya, seperti dilaporkan Middle East Monitor (MEMO), Kamis dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA)..

“Tidak disebut secara spesifik alasan pengungsi pulang kembali ke Suriah maupun jumlah keluarga yang telah memutuskan untuk kembali”, ujar Benhabyles.

Perwakilan masyarakat Suriah di Aljazair, Saleh Yazbek mengatakan, “Sudah ada sejumlah keluarga yang memutuskan untuk kembali ke tanah air  namun itu tidak mungkin ada jaminan keamanan bagi keluarga tersebut. ”

Mengenai alasan sejumlah Pengungsi Suriah yang kembali , Yazbek hanya mengatakan,  bukan karena kondisi berkekurangan selama mengungsi di Aljazair.

“Bahkan ada yang  tinggal di tempat-tempat yang menawarkan semua fasilitas, tinggal di tempat-tempat yang biasanya ditempati tamu asing dan dimuliakan oleh Pemerintah Aljazair, sementara keluarga lainnya memutuskan tinggal di luar di beberapa provinsi,” tambahnya.

“Alasan utama sejumlah keluarga itu kembali, menurut Yazbek, karena situasi keamanan membaik di beberapa provinsi Suriah, terutama yang berada di sekitar Damaskus dan sekitarnya,” tambahnya.

Jumlah pengungsi Suriah di Aljazair sekitar antara 15.000 sampai 20.000 yang melarikan diri akibat perang dan disalurkan oleh pihak berwenang ke tempat-tempat penampungan, menurut angka kementerian dalam negeri Aljazair. (T/P002/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

https://www.middleeastmonitor.com/news/africa/14056-syrian-refugees-in-algeria-return-home

Comments: 0