Pengunjuk Rasa di Jerman, Irlandia, Swiss Kembali Gelar Solidaritas Gaza

Ribuan orang di Dublin, Irlandia melakukan protes solidaritas terhadap warga Palestina pada Ahad 21 April 2024. (Foto: Press Tv)

Berlin, MINA – Ribuan demonstran pro-Palestina membanjiri jalan-jalan di Berlin, Dublin, dan Jenewa, menyerukan gencatan senjata mendesak pemerintah mereka menghentikan dukungan terhadap rezim Zionis Israel.

Para pengunjuk rasa pada Ahad (21/4), mengecam tindakan Israel di Gaza sebagai genosida dan menuntut gencatan senjata segera dan permanen dalam serangan Israel selama berbulan-bulan terhadap warga Gaza, sehingga memperkuat protes global terhadap perdamaian di wilayah tersebut, demikian Press TV.

Di Berlin, hampir 2.000 orang berkumpul di Potsdamer Platz dan berbaris menuju parlemen federal Bundestag, meneriakkan slogan-slogan seperti “Jerman mendanai, Israel melakukan pengeboman”, “Anda memalukan”, dan “Berhenti mempersenjatai Israel.”

Para pengunjuk rasa membawa spanduk dan tanda-tanda pada demonstrasi tersebut dengan slogan-slogan seperti “Berhenti mendukung Israel dengan pajak saya” dan “Komunitas Yahudi menuntut diakhirinya dukungan genosida.”

Baca Juga:  Dua Drone Irak Targetkan Komplek Zionis di Palestina

Di Jenewa, ribuan orang berunjuk rasa untuk menunjukkan solidaritas terhadap Palestina, dengan mengambil bagian dalam pawai yang dimulai di Place de Neuve Square, melewati pusat kota selama beberapa jam, dan berakhir di depan Kantor PBB. di Jenewa.

Para pengunjuk rasa yang mengibarkan bendera Palestina dan memegang plakat yang mengecam genosida Israel di Gaza menuntut gencatan senjata yang mendesak dan permanen. Mereka juga meneriakkan slogan-slogan menentang Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Jumlah pemilih yang signifikan terlihat di Garden of Remembrance Park di Dublin ketika Kampanye Solidaritas Palestina Irlandia mengorganisir protes tersebut, yang menarik banyak peserta.

Para pengunjuk rasa yang membawa bendera Palestina dan Irlandia berunjuk rasa di Jalan Kildare, menyerukan penghentian segera serangan Israel di Gaza. Spanduk dengan pesan seperti “Boikot Apartheid Israel” dan “Kebebasan & Keadilan untuk Palestina” dipajang secara mencolok selama protes.

Baca Juga:  Iran Umumkan Lima Hari Berkabung

Sementara itu, ratusan orang mengambil bagian dalam demonstrasi pro-Palestina di kota Cork. Pawai dan unjuk rasa Kampanye Solidaritas Palestina Gabus adalah demonstrasi mingguan ke-27 yang diadakan di kota tersebut sejak Oktober tahun lalu.

Sementara itu, mahasiswa di Amerika Serikat juga telah mengumumkan demonstrasi solidaritas dengan para demonstran Universitas Columbia setelah polisi New York menangkap lebih dari 100 aktivis pro-Palestina yang melakukan protes di kampus Universitas Columbia di New York.

Para pengunjuk rasa di Columbia menuntut gencatan senjata permanen di Gaza dan diakhirinya bantuan militer AS untuk Israel, serta divestasi universitas dari perusahaan-perusahaan yang mendapat manfaat dari serangan Israel.

Sejak dimulainya perang Israel di Gaza, banyak negara, termasuk AS dan sekutu Barat Israel lainnya, telah melakukan unjuk rasa untuk mendukung Palestina.

Baca Juga:  Militan Irak Targetkan Serang Pelabuhan Israel dengan Drone

Israel melancarkan perang di Gaza pada 7 Oktober setelah gerakan perlawanan Palestina Hamas melancarkan Operasi Badai Al-Aqsa yang mengejutkan terhadap entitas pendudukan sebagai tanggapan atas meningkatnya kekerasan Israel terhadap warga Palestina.

Sejak dimulainya serangan, rezim Tel Aviv telah menewaskan sedikitnya 34.049 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai hampir 76.901 lainnya.

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi