PENGUNJUK RASA MUSLIM DAN KRISTEN PAKISTAN BENTROK

Polisi Pakistan berusaha membubarkan bentrokan warga Muslim dan Kristen di Youhanabad, Lahore, Senin 16 Maret 2015. Foto: AA)
Polisi Pakistan berusaha membubarkan bentrokan warga Muslim dan Kristen di Youhanabad, Lahore, Senin 16 Maret 2015. Foto: AA)

Lahore, 26 Jumadil Awwal 1436/17 Maret 2015 (MINA) – Pengunjuk rasa Muslim dan Kristen Pakistan dilaporkan bentrok  di kota Lahore, Senin (16/3).

Polisi Pakistan menggunakan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan bentrokan tersebut.

Warga Kristen berdemonstrasi setelah 16 orang jamaahnya tewas dalam pemboman bunuh diri di luar dua gereja dalam kebaktian mingguan, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan.

Media lokal melaporkan, para pengunjuk rasa memblokir jalan-jalan dan dilaporkan bentrok dengan warga negara lainnya.

Bentrokan terpusat di Youhanabad, pinggiran miskin Lahore dengan populasi Kristen yang besar dan menjadi target bom bunuh diri pada Ahad (15/3).

Kelompok Muslim dilaporkan berunjuk rasa sebagai reaksi terhadap serangan yang menargetkan orang-orang yang lewat di kawasan itu oleh kelompok Kristen, menyebabkan bentrokan antara kedua belah pihak.

Uskup Lahore Irfan Jameel menghimbau semua pihak untuk menahan diri dan menghindari kekerasan.

“Mereka yang merusak fasilitas publik dan swasta serta mencederai warga negara biasa adalah tindakan yang tidak didukung Kristen,” kata Jameel melalui media lokal.

Sementara itu di Washington, Juru Bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki mengecam serangan terhadap gereja tersebut dan menyerukan hak-hak universal harus dihormati.

“Kami mendukung hak setiap warga untuk melaskanakan agamanya tanpa takut intimidasi, pembunuhan, paksaan atau bentuk pembalasan. Ini adalah hak dasar manusia baik di Pakistan dan di seluruh dunia,” katanya. (T/P001/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Comments: 0