Pengurus dan Penjaga Tetap Shalat di Al-Aqsa

Yerusalem, MINA – Pengurus dan penjaga tetap melaksanakan shalat berjamaah di di tengah pengumuman penutupan sementara masjid itu dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Sejak penutupan sementara secara resmi oleh Dewan Wakaf atas rekomendasi Otoritas melalui Departemen Kesehatan, terhitung mulai Ahad sore (22/3), umat ​​Muslim di kawasan kota tua Yerusalem dan sekitarnya shalat di rumah masing-masing.

Seperti laporan Al-Monitor pada Rabu (25/3), mewabahnya  virus corona secara meluas di wilayah Palestina, mengubah banyak kegiatan dan memaksa Dewan Wakaf Islam memutuskan untuk pertama kalinya sejak pendudukan Israel tahun 1967, menutup masjid suci ketiga bagi umat Muslim tersebut.

“Kami terpaksa melakukan hal ini untuk melindungi jamaah dan untuk menghentikan penyebaran virus,” pengumuman Dewan Wakaf.

Namun, para pengurus dan penjaga Al-Aqsha (murabithun) tetap melaksanakan shalat berjamaah di halaman, sekaligus untuk menjaga serbuan ekstremis Yahudi yang hendak mengambil kesempatan kritis memasukinya.

Halaman dan wilayah seluas 14,4 hektar merupakan kawasan Al-Aqsa yang diberkati, mampu menampung jamaah antara 40 ribu hingga 50 ribu pada umat atau shalat-shalat tarawih pada bulan suci Ramadhan. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.