PENGUSAHA BESAR POLANDIA SIAP JALIN KERJA SAMA DENGAN INDONESIA

Foto: Kemlu RI
Foto: Kemlu RI

Jakarta, 15 Dzulhijjah 1436/29 September 2015 (MINA) – Wakil Menteri Luar Negeri RI, Dr. A.M. Fachir menerima 18 orang delegasi pengusaha Polandia, mewakili berbagai perusahaan besar dan strategis di Polandia yang juga siap menjalin kerjasama dengan Indonesia.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Wamenlu menegaskan komitmen pemerintah RI untuk mendukung setiap inisiatif kerjasama ekonomi antara Indonesia dengan negara-negara sahabat, termasuk Polandia.

Pengusaha Polandia, menawarkan berbagai peluang kerja sama yang saat ini menjadi prioritas utama Indonesia, yaitu yang terkait dengan penyediaan energi, peningkatan konektifitas antara pulau dan penguatan kebutuhan dasar penduduk (terutama daging dan susu). Demikian rilis resmi dari Kementrian Luar Negeri RI, yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa (19/9).

Wamenlu juga menyampaikan komitmen Pemerintah RI untuk responsif terhadap berbagai keluhan atau hambatan yang dihadapi oleh pengusaha Polandia dan pengusaha mitra Indonesia dalam pengembangan kerja sama ekonomi.

Kunjungan delegasi pengusaha Polandia ke Indonesia, 28 September – 6 Oktober 2015 ini difasilitasi oleh Kedutaan Besar Indonesia di Warsawa, Polandia dan dipimpin langsung oleh Duta Besar RI, Yml Peter F. Gontha.

Selain akan bertemu dengan beberapa Kementerian teknis dan Lembaga terkait, para pengusaha Polandia tersebut juga dijadwalkan bertemu secara terpisah dengan berbagai mitra usaha terkait.

Hubungan bilateral RI-Polandia selama ini terus berkembang. Volume perdagangan RI-Polandia pada tahun 2014 tercatat sebesar USD 539,71 juta, meningkat 4,57% dibanding tahun 2013.

Pada periode Januari-Mei 2015 total nilai perdagangan sebesar USD 201,48 juta atau turun 4,72% dibandingkan periode yang sama di tahun 2014 sebesar USD 211,48 juta.

Berbagai upaya peningkatan kerjasama ekonomi RI-Polandia dilakukan oleh Perwakilan RI, guna mendukung target peningkatan ekspor nasional dan mendatangkan investor serta peningkatan jumlah wisatawan Polandia ke Indonesia.

Berikut merupakan beberapa kegiatan Indonesia-Polandia; kegiatan partisipasi pada berbagai pameran dagang di Polandia, menfasilitasi kunjungan para pengusaha Indonesia ke Polandia maupun sebaliknya, penyelenggaraan kegiatan familiarization trip untuk tour operator dan travel writter Polandia ke Indonesia, dan pemanfaatan media sosial untuk lebih mempromosikan Indonesia di Polandia.

Sebanyak 18 orang delegasi Pengusaha polandia tersebut antara lain; antara lain: Polska Grupa Zbrojeniowa dan Łucznik Sp.z.o.o (alat-alat militer), ALSTOM Power Sp.z.o.o. (konstruksi, energi, turbin), ALSTOM KONSTAL S.A (konstruksi dan kereta api), RS Nauta S.A (galangan kapal), Bakoma Sp.z.o.o. (produk susu dan yogurt), Balton Sp.z.o.o. (peralatan medis), Dimark Sp.z.o.o (konstruksi, baggage handling system untuk pelabuhan-pelabuhan), FAMUR S.A (pertambangan), ABC Rusiniak (buah-buahan), RAFAKO S.A (produsen steam boilers and kontruksi energi pembangkit listrik).(T/P008/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0