PENGUSAHA UZBEKISTAN MINATI PRODUK MAKANAN INDONESIA

(Foto: KBRI Tashken/Kemlu)
Promosi produk makanan Indonesia pada pameran the 15th World Food Uzbekistan.(Foto: KBRI Tashken/Kemlu)

Tashkent, Uzbekistan, 8 Jumadil Akhir 1436/28 Maret 2015 (MINA) – Para pengusaha Uzbekistan yang mengunjungi stand Indonesia pada pameran the 15th World Food Uzbekistan banyak yang mengajukan permintaan untuk mengimpor produk-produk makanan Indonesia seperti kopi instan, kopi luwak, teh, biji coklat dan coklat bubuk serta mie instan.

Beberapa pengusaha Uzbekistan bahkan menyampaikan minat untuk berkunjung ke Indonesia guna menjajaki peluang berinvestasi di Indonesia dalam produksi produk-produk non-makanan seperti shampo dan sebagainya.

“Produk Indonesia memiliki nilai lebih karena bersertifikat halal sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat Uzbekistan yang mayoritas beragama Islam,” kata Dubes RI Tashkent sebagaimana siaran pers Kemlu yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu.

Tashkent bekerja sama dengan Kantor Atase Perdagangan KBRI Moscow berpartisipasi pada pameran the 15th World Food Uzbekistan (25 – 27/3) dengan menampilkan beberapa produk ekspor utama dan potensial Indonesia seperti kopi, teh, kakao, kelapa sawit, dan mie instan.

Pameran World Food Uzbekistan merupakan pameran produk dan teknologi pengolahan makanan yang diselenggarakan oleh ITE Uzbekistan sejak tahun 2000. Pameran tahun ini diikuti oleh para pembeli, produsen dan distributor dari Uzbekistan mau pun negara-negara lain seperti Tiongkok, Kazakhstan, Korea Selatan, Turki, Tunisia, Jerman, Polandia, Estonia dan Amerika Serikat.

Stand Indonesia yang dihias secara apik menggunakan payung dan kain Bali serta kain tenun Sumatera Utara semakin menarik minat para pengunjung untuk melihat dan mencoba sampel produk-produk yang ditampilkan.

Para pengusaha yang datang ke stand Indonesia juga diundang untuk menghadiri Trade Expo Indonesia tahun 2015 di Jakarta agar dapat melihat produk-produk unggulan Indonesia lainnya dan menjalin kerjasama dengan pengusaha Indonesia.

Partisipasi Indonesia dalam pameran the 15th World Food Uzbekistan tersebut juga mendapat liputan media radio dan televisi Uzbekistan. Dalam wawancara dengan salah satu televisi Uzbekistan, Madaniyat, Dubes RI Tashkent menyampaikan bahwa melalui partisipasi dalam pameran kali ini, diharapkan semakin banyak produk-produk Indonesia seperti teh, kopi, minyak sawit dan makanan olahan memasuki pasar Uzbekistan. (T/R05/R03)

 

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0