Penjualan Senjata Turki ke Azerbaijan Melonjak Enam Kali Lipat

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menandatangani drone di pangkalan udara militer di Batman, Turki, 3 Februari 2018. (Foto: Murat Cetin Muhurdar, Pool via AP)

Ankara, MINA – Ekspor militer Turki ke sekutunya Azerbaijan telah meningkat enam kali lipat tahun ini, dengan penjualan drone dan peralatan militer lainnya meningkat menjadi 77 juta dolar AS bulan lalu saja, sebelum pertempuran pecah di wilayah Nagorno-Karabakh, menurut data ekspor.

Angka-angka yang dihimpun oleh Majelis Eksportir Turki, yang mengelompokkan lebih dari 95.000 perusahaan pengekspor di 61 sektor, menunjukkan bahwa Azerbaijan membeli peralatan pertahanan dan penerbangan senilai 123 juta dolar AS dari Turki dalam sembilan bulan pertama tahun 2020.

Sebagian besar pembelian drone, peluncur roket, amunisi, dan senjata lainnya tiba setelah Juli, demikian Al Jazeera melaporkan, Kamis (15/10).

Data menunjukkan, penjualan melonjak dari 278.880 dolar AS di bulan Juli menjadi 36 juta dolar di bulan Agustus, dan 77,1 juta dolar hanya di bulan September. Penjualan militer ke Azerbaijan dalam sembilan bulan pertama tahun 2019 berjumlah 20,7 juta dolar. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)