Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penonton EURO 2024 di Jerman Dapat Topi Semangka “Palestina”

Arina Islami - Senin, 24 Juni 2024 - 06:05 WIB

Senin, 24 Juni 2024 - 06:05 WIB

10 Views

Berlin, MINA – Penggemar sepak bola di Jerman menerima topi bersulam gambar semangka dari relawan beberapa LSM sebagai simbol solidaritas Palestina sebelum beberapa pertandingan grup UEFA EURO 2024.

Tanda solidaritas itu dibagikan sebelum pertandingan Spanyol vs Italia di Gelsenkirchen, pertandingan Türkiye vs Portugal pada 22 Juni di Dortmund, dan Skotlandia vs Hongaria pada Ahad (23/6) di Stuttgart dengan warna semangka yang menjadi simbol bendera Palestina.

“Kami ingin suara kami didengar di sini mengenai penindasan (Israel) yang dilakukan terhadap saudara-saudara kami di Palestina,” salah satu sponsor pembagian topi itu, Mehmet Simsek, mengatakan kepada Anadolu.

Simsek mengatakan, umat Islam harus prihatin terhadap hal ini dan “melakukan sesuatu” sebagai bentuk protes.

Baca Juga: HNW: IOC Harus Larang Israel Ikut Olimpiade Paris 2024

“Tidak mungkin menutup mata terhadap genosida ini (terhadap warga Palestina). Orang-orang yang melakukan genosida ini (di Gaza) pernah menghadapi genosida di masa lalu. Sekarang mereka (Israel) yang melakukannya,” ujarnya.

Namun, dia mengatakan polisi Jerman mencegah para relawan memberikan beberapa tanda solidaritas kepada para penggemar di Gelsenkirchen.

“Hampir 50.000 topi diproduksi. Kami ingin membagikan topi ini di sini, tapi tidak diizinkan oleh polisi,” tambah Simsek.

Kelompok NGO yang sama juga membagikan topi solidaritas kepada para penggemar di BVB Stadion Dortmund sebelum pertandingan Türkiye vs Portugal pada Sabtu (22/6).

Baca Juga: Bhayangkara Presisi Juara Proliga 2024 Putra

Vahdettin Bayram, seorang sukarelawan Turki, mengatakan bahwa mereka memberikan topi tersebut untuk membantu menyuarakan “penindasan di Gaza kepada orang-orang Eropa.”

Bayram mengatakan bahwa sebagai bagian dari sikap Türkiye terhadap Palestina, pengusaha Turki di Jerman membuat 50.000 logo semangka untuk meningkatkan kesadaran akan serangan Israel di Gaza.

“Kami pertama kali membagikan topi ini sebelum pertandingan Italia vs Spanyol (20 Juni), dan hari ini kami membagikannya sebelum pertandingan Türkiye vs Portugal,” kata Bayram, Sabtu (22/6).

Bayram mengatakan para sukarelawan termasuk dia bertindak melawan ketidakadilan di Gaza, dan mereka akan terus membagikan topi hingga akhir Kejuaraan Eropa pada 14 Juli.

Baca Juga: AWG Tolak Keterlibatan Israel di Olimpiade Paris 2024

Volkan Baran, politisi Jerman keturunan Turki dan wakil Rhine-Westphalia Utara, mengenakan topi semangka sebelum pertandingan Türkiye vs Portugal.

“Dunia tidak boleh menutup mata terhadap apa yang terjadi di Palestina. Sekitar 45.000 orang tak berdosa telah terbunuh. Ada serangan terhadap Israel (Oktober lalu), tapi sayangnya responnya sangat tidak proporsional. Dalam keputusan pengadilan, PBB mengatakan Israel ingin menghentikan perang tapi sayangnya tidak terjadi,” katanya.

Baran mengatakan, dia yakin komunitas internasional akan bersuara untuk menghentikan serangan ini, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan diadili di negaranya sendiri.

“Karena separuh warga Israel turun ke jalan memprotes pemerintah Israel,” tambahnya.[]

Baca Juga: Diskriminasi Prancis terhadap Larangan Jilbab Atletnya di Olimpiade 2024

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
Internasional
Kolom
MINA Sport