Pentagon: Kapal Perang AS Tembak Jatuh Rudal dan Drone dari Yaman Menuju Israel

Kapal perusak USS Carney milik AS. (Foto Angkatan Laut oleh Jurnalis Pelaut Magang Charles A. Ordoqui)

Washington, MINA – Kapal perusak Amerika Serikat USS Carney telah menembak jatuh tiga rudal dan beberapa drone yang diluncurkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi, kata .

Juru Bicara Pentagon Brigadir Jenderal Pat Ryder mengatakan kepada wartawan bahwa intersepsi tersebut terjadi di Laut Merah pada Kamis (19/10). Dia menambahkan bahwa rudal-rudal tersebut mengarah ke utara, “berpotensi menuju sasaran di Israel,” dan kapal AS tidak terancam.

“Tidak ada korban jiwa di pihak pasukan AS dan kami tidak mengetahui adanya korban warga sipil di lapangan,” kata Ryder. Rt.com melaporkan.

Insiden ini terjadi setelah drone menargetkan lokasi militer yang menampung personel AS di Irak dan Suriah. Pada hari Selasa, UAV menyerang pangkalan udara Al-Asad dan Al-Harir (Bashur), menyebabkan cedera ringan pada pasukan koalisi Barat, menurut Pentagon.

Dua drone menyerang pangkalan Al-Tanf di Suriah keesokan harinya. Satu UAV ditembak jatuh, sementara UAV lainnya menghantam pangkalan, juga menyebabkan luka ringan pada pasukan Barat.

AS telah mengirimkan armada angkatan laut yang dipimpin oleh kapal induk USS Gerald R. Ford ke Mediterania timur setelah pertempuran pejuang Palestina dan Israel meletus pada 7 Oktober.

Washington mengirimkan amunisi tambahan dan peralatan lainnya kepada sekutu lamanya, Israel, selama melawan pejuang Palestina.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengarahkan pengerahan Unit Ekspedisi Marinir ke-26 di wilayah tersebut untuk “menandakan komitmen AS dalam menjamin keamanan Israel dan menghalangi aktor negara atau non-negara mana pun untuk berupaya meningkatkan perang,” menurut Pentagon. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.