Penutupan Bandara Khartoum Diperpanjang hingga 12 Juli

Khartoum, MINA – Otoritas Penerbangan Sipil Sudan (Civil Aviation Authority/CAA) pada Sabtu (27/6) malam mengumumkan kembali  perpanjangan penutupan bandara udara Internasional Khartoum, baik untuk Penerbangan internasional maupun  domestik  hingga 12 Juli  2020 mendatang.

Perpanjangan penutupan ini adalah untuk kelima kalinya dari jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya yang berakhir pada Senin (29/6).

“Namun, untuk penerbangan bantuan kemanusian, jasa pengiriman BBM dan Cargo yang sudah terjadwal serta evakuasi warga asing tetap diizinkan, seperti repatriasi warga Sudan yang terjebak di luar negeri setelah mendapatkan  persetujuan dari pihak-pihak terkait.”  demikian Rilis Resmi Otoritas Bandara Internasional Khartoum melalui laman resmi media sosialnya .

Hingga saat ini Pemerintah Sudan masih memberlakukan lockdown terutama di Provinsi Khartoum yang dimulai sejak Maret lalu.  Lockdown juga dilakukan di bandara, pelabuhan, dan perbatasan.

CAA mengumumkan diwajibkan bagi semua perusahaan jasa penerbangan  nasional maupun  internasional untuk repatriasi, seluruh penumpang diwajibkan  memiliki sertifikat pemeriksaan hasil negatif Covid melalui PCR.

Sementara itu Provinsi Khartoum mencatat penambahan kasus baru  positif cOVID-19 dengan total keseluruhan hingga saat ini  5.351 orang.

Selain itu, menurut data kementerian kesehatan Sudan, terdapat 174 kasus baru, sedangkan 102 dinyatakan sembuh, 13  kasus meninggal. (L/B02/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)