Penyeberangan Perbatasan Gaza Dibuka Ahad

, MINA – Penyeberangan perbatasan Rafah adalah satu-satunya titik penyeberangan dari Mesir ke Jalur Gaza yang dibuka pada Ahad (26/8) ini, kata otoritas perbatasan pada Sabtu.

Penyeberangan tersebut dianggap penting sebagai jendela dunia bagi orang-orang yang sekarang ini tinggal di Jalur Gaza yang hidup di bawah blokade Israel.

Dalam sebuah pernyataan, Kantor Gerbang Perbatasan di Gaza mengatakan bahwa Mesir akan memastikan kembalinya jamaah haji Gaza dan warga Palestina ketika perbatasan tersebut dibuka.

Kantor perbatasan Gaza sebelumnya telah mengumumkan bahwa penyeberangan tersebut akan kembali beroperasi pada 26 Agustus setelah ditutup selama enam hari pada liburan Idul Adha, demikian Anadolu Agency memberitakan yang dikutip MINA.

Di bawah kontrol Mesir, perbatasan Rafah adalah satu dari tujuh gerbang yang dibuka ke Jalur Gaza dan hanya mengizinkan akses lalu lintas manusia.

Selain itu, enam gerbang lainnya dikuasai oleh Israel. Empat di antaranya tetap ditutup selama bertahun-tahun sedangkan penyeberangan perbatasan Kerm Ebu Salim (Kerem Shalom) hanya digunakan untuk penyeberangan transportasi produk perdagangan.

Sementara satu penyeberangan perbatasan lagi, Beit Hanoun, hanya digunakan untuk pintu masuk penumpang. (T/SJ/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.