Perayaan Hari Nasional Qatar 2019 di Jakarta

Jakarta, MINA – Kedutaan Besar Negara untuk Indonesia merayakan Negara Qatar ke-141, di Jakarta, Rabu (18/12). Hari Nasional Qatar telah ditandai pada 18 Desember sejak tahun 2008.

Hari tersebut menandai penyatuan Negara Qatar pada 1878 lalu di bawah kepemimpinan pendiri negara itu, Sheikh Jassim bin Mohammed Al-Thani.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Negara Qatar untuk Indonesia Mr. Amer bin Mohamed bin Thani dalam sambutannya mengatakan sejumlah perjanjian telah ditandatangani oleh Qatar dan Indonesia untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara di semua bidang yang menjadi kepentingan bersama.

“Qatar dan Indonesia memiliki ikatan historis yang kuat dan sudut pandang yang sama tentang kesatuan posisi dan keselarasan visi. Seperti halnya aspirasi untuk pembangunan tanpa henti, kebebasan, dan mempromosikan hak-hak masyarakat,” ujar Amer didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Anwar Makarim sebagai tamu kehormatan mewakili Republik Indonesia.

Perayaan Hari Nasional Negara Qatar 2019 turut dihadiri pejabat dan tokoh nasional serta sejumlah duta besar negara-negara sahabat.

Mendikbud Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Qatar merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia, penyumbang investasi terbesar, termasuk investasi portofolio, dari negara Timur Tengah ke Indonesia secara kumulatif.

“Saat ini hubungan dua negara semakin kuat. Qatar menjadi mitra energi terbesar bagi Indonesia, sementara Indonesia menjadi mitra strategis bagi Qatar. Saya percaya kerjasama akan banyak dijalin kedua negara pada masa yang akan datang,” ujar Nadiem.

Bagi Qatar, Indonesia juga adalah mitra penting negara itu untuk mendukung proses perdamaian di Timur Tengah. Hubungan diplomatik Indonesia-Qatar dimulai pada 1976.

Investasi Qatar di Indonesia antara lain di bidang telekomunikasi dan real estate. Investasi Qatar di Indonesia yang sudah berjalan dengan baik selama ini seperti Q-Tel (sebagai pemilik saham mayoritas PT. Indosat), dan bank QNB Kesawan diharapkan dapat terus diperhatikan untuk kepentingan kedua negara.

Qatar merupakan salah satu mitra dagang Indonesia yang cukup penting di kawasan Teluk. Indonesia merupakan mitra dagang Qatar terbesar ketiga di ASEAN.

Sementara jumlah wisatawan Qatar ke Indonesia mencapai 1.646 orang. Sedangkan jumlah WNI di Qatar mencapai 40.000 orang. Qatar juga menjadi sasaran kegiatan bisnis pelaku usaha di Indonesia.

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Qatar dimulai pada tahun 1976 dengan Qatar mendirikan Kedutaannya di Jakarta, Indonesia pada Nopember tahun 1997.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha, Negara Qatar didirikan pada 22 Juni 1999 dan dipimpin oleh Eddy Satrio Suryodiningrat sebagai Kuasa Usaha Tetap dan sejak 12 Desember 2003 Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha, Negara Qatar dipimpin oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.