Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perbatasan Suriah-Irak Dibuka Kembali Setelah Tujuh Tahun Tutup

Ali Farkhan Tsani - Selasa, 1 Oktober 2019 - 05:24 WIB

Selasa, 1 Oktober 2019 - 05:24 WIB

0 Views

Baghad, MINA – Perbatasan antara Suriah dan Irak telah dibuka kembali Senin (30/9)  untuk pertama kalinya setelah tujuh tutup sejak 2012, dibuka kembali di bawah kendali Irak,

Pasukan Irak telah menutup pos pemeriksaan perbatasan al-Qaim dengan tembok beton tiga meter pada Agustus 2012 ketika pemberontak Suriah melawan pasukan pemerintah di sisi perbatasan Suriah.

Penyeberangan perbatasan, di jalan raya vital yang menghubungkan ibukota Irak dan Suriah ini,  dikuasai kelompok ISIS pada tahun 2014.

Pasukan keamanan Irak merebut kembali pos perbatasan dekat kota al-Qaim di Irak dan Albu Kamal di Suriah pada akhir 2017 sebagai bagian dari operasi besar-besaran yang didukung oleh koalisi internasional.kata seorang wartawan AFP, seperti dilaporkan MEE.

Baca Juga: Anggota Parlemen Prancis Kecam Kehadiran Israel di Olimpiade Paris

Menteri Dalam Negeri Suriah Mohammad Khaled al-Rahmoun memuji pembukaan kembali itu sebagai “hasil dari kemenangan kedua bangsa atas kelompok teroris bersenjata mana pun”.

Persimpangan lain yang tersisa di sepanjang perbatasan, sebagian besar gurun dan pegunungan yang sangat sulit dikendalikan, ada di tangan kelompok Kurdi dan sekutu mereka.

Al-Qaim, di ujung barat provinsi Gurun Anbar Irak, yang membentang hingga ke tepi Baghdad, telah lama menjadi zona penyelundupan dengan suku-suku yang tinggal di kedua sisi. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Gerakan Perlawanan Lebanon Tembakkan Roket ke Tzuriel Moshav Israel

 

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Palestina
Kolom
Internasional
Palestina
Internasional