Perdana Menteri Jepang Peringatkan Konflik AS-Iran Pengaruhi Stabilitas Internasional

Jeddah, MINA – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berharap ketegangan antara AS-Iran yang dipicu oleh pembunuhan jenderal Iran, Qassem Soleimani segera mereda. Ia memperingatkan bahwa konfrontasi militer dengan Iran akan merusak perdamaian dan stabilitas di seluruh dunia.

Komentar Abe itu disampaikan saat bertemu dengan Muhamad bin Salman di Jeddah, Arab Saudi. Selain ke Arab Saudi, Abe juga akan mengunjungi Uni Emirat Arab, dan Oman. Al-Jazeera melaporkan.

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga mengatakan, kunjungan dimulai pada 11 Januari dan akan berakhir pada tanggal 15 Januari mendatang. Dalam kunjungan itu,  Abe menjelaskan keputusannya mengerahkan sebuah kapal militer dan dua pesawat patroli ke perairan Teluk.

Jepang telah menyatakan tidak akan bergabung dengan koalisi pimpinan AS di wilayah tersebut.

Tokyo telah menjalankan kebijakan luar negerinya dengan tetap menjaga hubungan baik antara AS dan Iran.

Hampir 90 persen pasokan minyak mentah Jepang berasal dari Timur Tengah. Sejak 11 Januari lalu, pengamanan sudah dilakukan di perairan Teluk Oman, Laut Arab bagian utara dan Teluk Aden menjelang kunjungan Abe.

Abe akan menjelaskan, kapal perang kemungkinan akan berangkat dari Jepang pada awal Februari, menurut laporan media. (T/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)