Perguruan-perguruan Tinggi Islam Negeri Ikuti Pelatihan Menejemen di Turki

 

Istambul, 23 Shafar 1438/23 November 2016 (MINA) – Pejabat-pejabat dari 11 perguruan tinggi Islam negeri () di Indonesia mengikuti kegiatan Overseas Training on Financial Management Program, pada 21-24 November 2016, di Marmara University, Istambul, .

Dekan Fakultas Teologi Narnara University, Ali Kose membuka kegiatan dengan didampingi sejumlah staf dan diikuti oleh seluruh peserta. “Diharapkan kegiatan ini bermanfaat untuk kedua belah pihak,” ujarnya.

Mewakili rombongan, Warek II UIN Jakarta Abdul Hamid menyampaikan bahwa peserta berasal dari PTKIN seluruh wilayah Indonesia yang memiliki keunggulan spesifik masing-masing.

“Kegiatan ini mendukung upaya penguatan keunggulan yang berbeda-beda tersebut,” tegasnya. Demikian laman resmi yang dikutip MINA, Rabu (23/11).

Kegiatan Training on Financial Management ini diikuiti oleh peserta dari UIN Jakarta, UIN Medan, IAIN Pekalongan, IAIN Cirebon, IAIN Samarinda, IAIN Palopo, IAIN Kendari, IAIN Mataram, IAIN Jember, IAIN Tulung Agung dan peserta dari Ditjen Islam.

Selain pendalaman tentang manajemen perguruan tinggi, pelatihan ini dilanjutkan dengan dua seminar yang akan membahas tentang perkembangan sains Islam (Islamic Sciences) dan Ilmu Kependidikan di Turki dengan narasumber Prof. Dr. Mehmer Ali Bayukkara dan Prof. Dt. Syafi Kenan.

Dalam kesempatan berikutnya, delegasi akan melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Marmara, dan melakukan sejumlah MoU dengan masing-masing PTKIN.

“Tindak lanjut MoU akan dioptimalkan oleh perguruan tinggi sejalan dengan target menjadikan PTKIN Indonesia sebagai World Class University,” kata Tim Leader Zainal Mustaqim, Wakil Ketua II STAIN Pekalongan.

Di sela-sela kegiatan, peserta juga melakukan studi lapangan tentang sejarah dan budaya Turki di Konya dan Istambul. Konya memiliki sejumlah cagar budaya peradaban Islam, antara lain Museum Maulana Rumi, sementara Istambul mencerminkan perpaduan peradaban klasik dan modern dalam Islam. (T/ima/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.