PERINGATAN KAA MOMENTUM BAGI GENERASI MUDA MENGINGAT SEJARAH

Direktur Jenderal Asia Pasifik Kementrian Luar Negeri Yuri Octavian Thamrin di Hotel Mulia
Direktur Jenderal Asia Pasifik Kementrian Luar Negeri Yuri Octavian Thamrin di Hotel Mulia.  (aacc2015)

Jakarta, 25 Jumadil Akhir 1436/14 April 2015 (MINA) – Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika () di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015 diharapkan mampu mengingatkan generasi muda terhadap .

“Generasi muda umumnya mudah melupakan masa lalu. Padahal itu  sebagai modal untuk menghadapi masa depan,” kata Direktur Jenderal Asia Pasifik Kementrian Luar Negeri Yuri Octavian Thamrin di Hotel Mulia sebagaimana siaran pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa (14/4).

Menurut Yuri, melalui Peringatan KAA 2015 ini, kerja sama antar negara-negara Asia Afrika juga mengalami peningkatan. “Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini memang telah terjadi kemajuan yang signifikan dalam berbagai bidang antar benua Asia dan Afrika,” tegasnya.

Sedangkan Duta Besar Cina untuk Indonesia Xie Feng mengatakan tiga aspek menjadi tujuan utama dari Peringatan KAA 2015. Tiga aspek tersebut antara lain peningkatan ekonomi, kesejahteraan, dan peradaban.

“Kami optimis dengan semangat Peringatan KAA  akan tercipta banyak kesempatan ekonomi bagi negara-negara di Benua Asia dan Afrika,” ungkapnya.

Feng menegaskan tingkat kesejahteraan penduduk, baik  di benua Asia dan Afrika, diharapkan juga makin meningkat.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Rizal Sukma menilai momentum Peringatan memiliki nilai historis yang tinggi bagi pemerintahan Joko Widodo.

“Secara ekonomi, tentu  Indonesia juga akan memperoleh keuntungan dari pelaksanaan Peringatan KAA ini,” katanya. (T/P007/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0