Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Peringati 19 Tahun Tsunami, Pemkab Aceh Barat Menggelar Tausiyah, Zikir, dan Doa Bersama

Rana Setiawan - Selasa, 26 Desember 2023 - 21:04 WIB

Selasa, 26 Desember 2023 - 21:04 WIB

8 Views

Meulaboh, MINA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat mengadakan tausiyah, zikir, dan doa bersama bagi para syuhada dalam mega bencana gempa dan tsunami yang terjadi 26 Desember 2004 lalu, yang kini telah berlalu selama 19 tahun.

Penjabat Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi mengatakan, peringatan ini bukanlah sekadar momen sedih atau luka yang terbuka kembali, tetapi merupakan kesempatan untuk membangkitkan semangat, merenungkan makna dari musibah yang terjadi, serta meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Pj Bupati Mahdi mengikuti langsung peringatan atau refleksi tsunami itu di pemakaman masal Desa Ujung Karang, Meulaboh, Selasa (26/12).

Mahdi mengatakan, peristiwa megagempa dan tsunami Aceh 2004, telah menjadi pelajaran bagi seluruh lapisan pemerintah, baik di tingkat kabupaten hingga kecamatan dan gampong, untuk lebih aktif dalam melakukan upaya mitigasi bencana

Baca Juga: [BEDAH BERITA MINA] Malam Ini Bahas Krisis Gaza, Bagaimana Peran Dunia

. “Edukasi kepada masyarakat tentang kewaspadaan dan kesiagaan dalam menghadapi bencana, menjadi fokus penting dalam rangka mencegah kerugian yang dapat terjadi kapan saja,” ujar Mahdi

Menurutnya, peringatan ini menjadi momentum penting untuk mengingat, belajar, dan merenungkan peristiwa tragis yang telah meninggalkan bekas mendalam bagi Aceh Barat, sambil bersama-sama memperkuat kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di masa mendatang.

Mahdi menambahkan, dalam suasana yang penuh makna ini, kita tidak hanya mengenang kehilangan orang orang tercinta hingga harta benda, tetapi yang jauh lebih penting adalah, menyatukan langkah untuk membangun masa depan yang lebih baik.

“Dengan semangat keikhlasan dan kerja keras, kita berkomitmen untuk memajukan daerah ini serta meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh warga, dengan pengharapan akan kemajuan yang lebih baik di masa depan,” pungkasnya.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Jumat Ini Cerah Berawan

Kota Meulaboh adalah salah satu kota di pantai Barat-Selatan Aceh yang terparah dihantam gempa dan tsunami.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Anies Baswedan Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia