Peringati Dimulainya Konflik dengan Israel, Kelompok-Kelompok Gaza Latihan Militer

Gaza, MINA – Kelompok-kelompok bersenjata Palestina melakukan latihan militer di Gaza pada Selasa (29/12), termasuk menembakkan roket ke laut, untuk memperingati dimulainya konflik 2008 dengan Israel.

Demonstrasi militer itu dijadwalkan berlangsung beberapa jam dan melibatkan sekitar 10 kelompok di daerah kantong Palestina yang diblokade Israel, kata juru bicara pasukan Brigade Al-Quds, sayap bersenjata Jihad Islam, Nahar Net melaporkan.

Tujuan dari latihan itu, yang pertama dari jenisnya, adalah untuk “memperkuat keterampilan para pejuang” dan mendemonstrasikan “persatuan” kelompok-kelompok bersenjata di Gaza, tambah juru bicara itu, yang wajahnya hampir seluruhnya ditutupi oleh topeng tradisional.

Hamas, kelompok Islam yang menguasai Gaza sejak 2007, juga ikut ambil bagian.

TV Al-Aqsa Hamas menunjukkan roket ditembakkan dari jalur itu pada hari Selasa ke Laut Mediterania.

Tentara Israel mengatakan, perangkat proyektil diluncurkan dari Gaza pada Senin malam hingga Selasa, tetapi tidak melintasi wilayah Israel.

Israel tidak segera membalas peluncuran itu dengan serangan udara, seperti yang biasanya terjadi ketika roket yang ditembakkan dari Gaza memasuki Israel.

Latihan itu juga dilakukan beberapa hari setelah Hamas menuduh Israel melancarkan serangan yang merusak rumah sakit anak-anak. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)