Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PERISTIWA PENTING DI AMERIKA SEPANJANG 2015 (KALEIDOSKOP)

Rudi Hendrik - Rabu, 30 Desember 2015 - 17:10 WIB

Rabu, 30 Desember 2015 - 17:10 WIB

837 Views

amerika-sepanjang-2015-kaleidoskop/93897/amerika-4/" rel="attachment wp-att-93898">amerika-229x300.png" alt="amerika" width="229" height="300" />Januari

6 Januari – Amerika Serikat mengecam kebijakan Israel karena membekukan pajak pendapatan Palestina sebagai balasan atas bergabungnya Palestina ke Mahkamah Kriminal Internasional ICC (International Criminal Court).

11 Januari – Dua organisasi Islam, Islamic Relief USA dan Michigan Muslim Community Council (MMCC) menyumbangkan 100 ribu dolar AS untuk membantu masyarakat Detroit yang mengalami krisis air.

12 Januari – Sekitar 150 pengunjuk rasa berkumpul di dekat Gedung Putih meminta Amerika Serikat (AS) untuk menutup penjara Guantanamo pada tahun ke-13 nya.

Baca Juga: Pengunjuk Rasa AS Ganggu Tidur Netanyahu Hingga Tebar Belatung

21 Januari – Dewan Nasional Hubungan Amerika-Islam (CAIR) meluncurkan Kampanye, “Berbagi Quran” untuk menghilangkan Islamofobia serta menghilangkan kesalahpahaman tentang Islam di AS.

Februari

1 Februari – Asosiasi Kebebasan Sipil dan Muslim di Kanada, mengkritik Rancangan Undang Undang  Anti Teror  yang diajukankan Perdana Menteri, Stephen Harper, yang menimbulkan kekhawatiran pada warga beragama Islam.

2 Februari – Komunitas Muslim di Kanada meramaikan alun-alun publik di empat kota untuk perdamaian dan menyuarakan penolakan mereka terhadap serangan ekstremis yang dilakukan atas nama agama Islam.

Baca Juga: Joe Biden Mundur Sebagai Pencalonan Pilpres 2024

11 Februari – Tiga mahasiswa Muslim Amerika (dua diantaranya sepasang pengantin) meninggal dalam sebuah insiden penembakan di negara bagian Carolina utara.

28 Februari – Dewan Hubungan Islam-Amerika (CAIR) bersama para aktivis perdamaian mengunjungi gedung  parlemen di Oklahoma, AS, menyusul kekhawatiran pernyataan ‘ancaman’ beberapa anggota parlemen  terhadap kehidupan Muslim di negeri paman Sam itu.

Maret

3 Maret – Sebuah satelit cuaca yang menyediakan laporan cuaca setiap saat untuk Angkatan Laut dan Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) hancur menjadi 43 pecahan.

Baca Juga: AS Curigai Rusia Kirim Rudal Canggih kepada Houthi

12 Maret – Perguruan Tinggi Zaytuna di Berkeley, California, telah menjadi perguruan tinggi Islam pertama di Amerika Serikat yang menerima akreditasi akademis formal.

20 Maret – Setelah warga Las Vegas mengajukan banding kepada Komisi Perencanaan Clark Country, akhirnya daerah tersebut mendapatkan izin untuk membangun pemakaman Muslim pertama kalinya.

25 Maret – – Mahasiswa jurusan teknik Unveritas McMaster, di Hamilton, Kanada, memilih untuk memboikot produk Israel selama beberapa dekade selama pendudukan terhadap wilayah Palestina.

36 Maret – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyelamatkan dua pilot Arab Saudi dari Teluk Aden setelah dua jet tempur F-15 jatuh Kamis (26/03).

Baca Juga: Penerbangan AS Dibatalkan Imbas Microsoft Down

April

3 April – Sebuah kelompok Muslim di Universitas Minnesota mengundang rekan-rekan mereka memakai jilbab selama sehari untuk menyebarkan kesadaran tentang pentingnya jilbab dalam Islam.

6 April – Hasil survei lembaga penelitian menyebutkan, jumlah penduduk Muslim dunia akan mencapai 2,8 miliar orang tahun 2050, atau mencapai sekitar 30 persen dari penduduk dunia.

8 April – Pemimpin komunitas Muslim Iowa memegang kendali dalam memperingati hari khusus Muslim di AS.

Baca Juga: IMF: Tingkat Pengangguran Indonesia Tertinggi se-ASEAN

10 April – Jaksa penuntut umum negara bagian North Carolina, AS, menuntut hukuman mati terhadap Craig Stephen Hicks (46), yang didakwa menembak mati tiga mahasiswa Muslim di Carolina Utara.

20 April – Perserikatan Bangsa-Bangsa membantah memediasi antara Gerakan Perlawanan Islam Hamas dengan Israel untuk mencapai gencatan senjata jangka panjang, dan untuk menyepakati penggunakan semen yang masuk Jalur Gaza dalam beberapa tujuan.

28 April – Di tengah meningkatnya trend Islamophobia di Barat, Islamic Center Daytona, Florida, Amerika Serikat membuka pintu untuk dialog perdamaian Muslim dan non-Muslim.

Mei

Baca Juga: Presiden Biden Positif COVID-19 Saat Kampanye di Las Vegas

5 Mei – Asosiasi Muslim di Tarrant County, Texas Utara, AS, mengajukan protes keras atas penyelenggaraan kontes kartun Nabi Muhammad di Curtis Culwell Center, Garland, Texas.

6 Mei – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengumumkan hadiah sebesar $ 20 juta untuk informasi empat orang tokoh Islamic State atau ISIS.

8 Mei – Sebuah laporan data resmi kelompok aktivis mengungkapkan, polisi Amerika Serikat (AS) telah melakukan pembunuhan terhadap hampir 1.500 orang warganya dalam 16 bulan terakhir.

14 Mei – Mahasiswi muslimah Amerika meluncurkan inisiatif meluncurkan aneka jilbab untuk solusi musim panas, yang dihadapi wanita muslim di negara itu.

Baca Juga: Penembak Donald Trump Pria Berumur 20 Tahun

20 Mei – Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyatakan dukungan solidaritasnya untuk Palestina, ditandai dengan penganugerahan penghargaan negaranya untuk Menteri Luar Negeri Palestina Riad al-Malki di Istana Kepresidenan di ibukota Caracas.

25 Mei – Ribuan umat Islam di AS diundang untuk menghadiri konvensi tahunan Islamic Circle of North America (ICNA) untuk menghormati Nabi Muhammad SAW sebagai pendakwa di seluruh dunia.

30-31 Mei – Amerika Utara mengadakan Festival Makanan Halal di International Centre, Greater Toronto.

Juni

Baca Juga: Meta Cabut Pembatasan Akun Facebook dan Instagram Donald Trump

1 Juni- Para demonstran Yahudi Ortodox yang anti Israel telah memblokir jalan yang akan dilalui para peserta pro-Israel tahunan Hari Parade pro Israel di New York,  sambil meneriakan slogan-slogan anti Israel dan menyerukan perlawanan terhadap rezim Zionis.

9 Juni – Kelompok peretas atau hacker yang menamakan diri mereka Syrian Electronic Army (SEA) berhasil membobol website resmi Angkatan Darat Amerika Serikat.

11 Juni – Sekelompok pria bertopeng menyerang sebuah masjid di Massachusetts, sehingga beberapa jendela pecah.

24 Juni – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Hussein Obama menjadi tuan rumah buka puasa Ramadhan di Gedung Putih seperti yang dilakukannya setiap tahun semenjak ia menjadi kepala negara AS, meneruskan acara yang pertama kali diadakan oleh Presiden Bill Clinton.

Baca Juga: Senator AS: Di Tengah Pemilu, Jangan Lupakan Gaza

25 Juni – Amerika Serikat menolak laporan PBB tentang invasi Israel ke Gaza tahun lalu, yang dinilainya sebagai bias dalam penilaian terhadap Israel.

29 Juni – Kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump menilai, Presiden Amerika Barack Obama bertindak seperti pengemis yang memohon kepada Teheran untuk kesepakatan akhir nuklir.

30 Juni – Pejabat Pengadilan di negara Bagian Arkansas, Amerika Serikat, Dana Guffey, lebih memilih mundur dari pekerjaannya daripada harus terlibat dalam pekerjaan mengeluarkan surat nikah untuk pasangan sejenis.

Juli

Baca Juga: Sekjen PBB Peringatkan Akhiri Perang Israel di Gaza

9 Juli – Hampir dua per tiga atau sekitar 63% pendukung dari Partai Republik AS menentang keputusan Mahkamah Agung AS yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Jajak pendapat diadakan dari 26 Juni sampai 8 Juli terhadap 3.632 orang.

11 Juli – Imaam Masjid Jami Panama City, Ahmad Bhattay mengatakan, jumlah warga Panama yang menjadi muallaf berkembang sangat pesat. Menurut hasil Pew, ada 24.000 Muslim di Panama yang merupakan 0,7 persen dari populasi, sebagian besar terkonsentrasi di Panama City dan Colon.

28 Juli – Amerika Serikat (AS) menunjuk utusan khusus baru untuk Suriah yang ditunjuk sejak perang dimulai empat tahun lalu.

Agustus

5 Agustus – Dewan mahasiswa dari 293 universitas dan satu Gereja Katedral di Amerika Serikat (AS) bergabung dalam kampanye global untuk memboikot Israel, dikenal dengan Boikot, Pemberhentian Saham dan Sanksi (BDS).

18 Agustus – Sekelompok pemuda Muslim di South Brunswick menyelenggarakan festival makanan halal tahunan untuk menyatukan antara Muslim dan non-Muslim. Festival tersebut dimulai sejak empat tahun lalu yang dipimpin oleh Pusat Komunitas Pemuda Muslim.

September

24 September – Lebih dari 1.800 sekolah negeri di New York diliburkan pemerintah setempat. Sekitar 1,1 juta anak sekolah mendapatkan hari libur pertama kalinya untuk merayakan Idul Adha.

Oktober

26 Oktober – Amerika Serikat (AS) membuka kembali kasus yang berisi tuntutan terhadap mantan PM Israel Ehud Barak sebagai salah pihak yang bertanggung jawab atas penyerangan di atas kapal Mavi Marmara 2010 silam.

November

9 November – Muslim Amerika, Saad Almasmari terpilih sebagai anggota dewan kota. Empat dari enam kursi yang diperebutkan berhasil dimenangkan oleh Muslim. Mereka menguasai lebih dari setengah suara anggota dewan.

Desember

23 Desember – Pemerintah Brasil telah menunda persetujuan penempatan Dani Daryan, Duta Besar Israel baru di negara itu. Ia merupakan  mantan Kepala Dewan Permukiman ilegal Israel. (L/M01/P007/R04)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Ilustrasi (Foto: Freepik @freepik)
Kolom
Khadijah
Kolom