Perkuat Kerja Sama, STAI Al-Fatah Kunjungi MINA

Jakarta, MINA – Delegasi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah mengunjungi Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency) di Gedung MER-C Jakarta Pusat. Kunjungan itu sebagai langkah untuk memperkuat kerja sama dua lembaga tersebut yang selama ini sudah terjalin.

Delegasi STAI Al-Fatah dipimpin oleh Ketua STAI Al-Fatah Ustaz Ahmad Sholeh, Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (Kaprodi KPI) Deni Rahman, Pembantu Ketua (Puket) II Kemahasiswaan Imam Santoso dan Puket IV Sarana Prasarana Ahkmad Syafiudin, beserta jajaran lainnya.

Kunjungan tersebut diterima oleh Pemimpin Umum (PU) MINA Arif Rahman, Pemimpin Redaksi (Pimred) Ismet Rauf, dan Sekretaris Redaksi (Sekred) Widi Kusnadi.

Ustaz Ahmad Sholeh dalam sambutannya mengatakan, pihaknya siap memperkuat kerja sama yang sudah terjalin dengan MINA, dan semakin mengintensifkan hubungan kedua lembaga, khususnya dalam bidang kejurnalistikan.

“Kami berharap STAI Al-Fatah dan MINA semakin mempererat kerja sama yang sudah terjalin selama ini. Kami juga berharap MINA menjadi tempat praktik kewartawanan bagi mahasiswa STAI Al-Fatah dalam memperdalam ilmu teori yang mereka dapatkan di kampus,” katanya.

PU MINA Arif Rahman menyambut baik langkah tersebut. Menurut Arif, STAI Al-Fatah dan MINA bagaikan dua saudara kandung, sehingga sudah selayaknya saling bekerja sama dalam membangun kader-kader wartawan Muslim yang kompeten dan profesional.

“Secara garis besar kami sangat senang dengan hal itu. Terlebih saat ini sudah cukup banyak mahasiswa maupun lulusan STAI Al-Fatah yang sekarang ada di MINA,” katanya.

Sementara itu, Pimred MINA Ismet Rauf menegaskan semakin pentingnya wartawan Muslim yang berkompeten dan profesional. Di era perkembangan media siber seperti saat ini, wartawan Muslim dituntut untuk bisa bersaing dengan wartawan-wartawan lain.

“Wartawan ini adalah pekerjaan ‘orang gila’ dalam makna lain. Sebab, wartawan dituntut untuk bisa siap sedia 24 jam untuk menyiarkan informasi kepada masyarakat. Jika bukan karena keinginan sendiri, sangat sulit rasanya untuk menjadi wartawan,” katanya.

STAI Al-Fatah merupakan sekolah tinggi berbasis pesantren, yang memiliki visi menjadi lembaga perguruan tinggi pengkajian dan penerapan Al-Quran dan berbagai disiplin ilmu.

STAI Al-Fatah berdiri di kompleks Pesantren Al-Fatah Pasirangin, Cileungsi, Bogor, dengan kualifikasi para dosen yang merupakan alumnus Timur Tengah, LIPIA, AS, Cina, PTN, wartawan senior serta penyiar radio dan TV berpengalaman.

Mahasiswanya menerima ilmu-ilmu keagamaan, seperti: Aqidah, Akhlaq, Jamaah Imaamah, Ulumul Quran wal Hadits, Tafsir, Fiqih, serta Al-Quds dan Al-Maqdisiyah.

Juga mata kuliah keahlian seperti: Jurnalistik (cetak, audio, dan visual), Desain Dakwah, Public Relations, IT, Marketing, Manajemen dan Broadcasting.

Sejumlah mahasiswa dan alumnusnya telah menjadi wartawan Kantor Berita MINA.(L/R2/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)