Pemuda Palestina Ditangkap Karena Ikut Bentrokan dengan Tentara Israel di Al-Quds

Al-Quds, MINA – Pasukan Israel menangkap seorang pemuda Palestina berusia 19 yang ikut dalam bentrokan melawan tentara Israel  di kampung Al-Tur, sebelah timur al-Quds yang diduduki Israel.

Para saksi mata melaporkan, bahwa unit “rahasia” pasukan Israel melakukan penyergapan di kampung Al-Tur menyusul bentrokan yang terjadi di kampung tersebut.  Mereka menangkap Muhammad Hatem Abu Al-Hawa, 19 tahun, dan membawanya ke tujuan yang tidak diketahui.

Di desa Issawiya, yang bersebelahan dengan kampung al-Tur, pasukan Israel menyerbu kampung Obaid. Bentrokan meletus antara warga Palestina dengan pasukan Israel. Tidak ada korban luka atau penangkapan, Palinfo melaporkan, Ahad (14/2).

Selain itu, bentrokan terjadi antara warga dengan pasukan Israel, yang menyerbu kota Al-Khader, di pinggiran Bethlehem.

Para saksi mata melaporkan, konfrontasi berpusat di daerah “Haret Dar Musa” dan di Jalan Al-Quds – Hebron, di mana tentara Israel menembakkan peluru, gas air mata, dan bom suara ke arah puluhan pemuda Palestina yang melemparkan batu ke arah mereka.

Desa Al-Khader terletak di sebelah barat Betlehem, dan berjarak sekitar 5 kilometer darinya.

Otoritas Israel berusaha menguasai tanah subur di dalam desa tersebut melalui pendirian Tembok Apartheid, setelah mereka menyita sebagian tanah warga, serta mendirikan permukiman (Kfar Asion) di atasnya, yaitu sebuah kibbutz yang didirikan pada tahun 1967 di atas tanah seluas 4.500.000 meter persegi dan dihuni oleh 461 pemukim Yahudi, juga permukiman Yahudi Daniel yang didirikan pada tahun 1983 di atas tanah seluas 200.000 meter persegi.

Pada 1978, pasukan Israel menyita daerah Dhahr Abu Salima dari tanah Al-Khader. Mereka mendirikan pemukiman Azar. Menyita Kikan, Dafmaq dan Arak Al-Dhibah, hingga Aqabah Abed dan daerah Al-Arous Al-Maskutah, dan mendirikan koloni permukiman Efrat pada tahun 1980. (T/R4/P2)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)