Pertama Kali, Al-Aqsa Tanpa Jamaah Saat Ramadhan

Al-Quds, MINA – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Al-Quds () Timur ditutup untuk jamaah Muslim pada hari pertama Ramadhan karena pandemi coronavirus (Covi-19).

Masjid Al-Aqsa yang pada waktu normal selalu menarik perhatian puluhan ribu jamaah umat Islam untuk dapat melaksanakan shalat Jumat dan tarawih selama Ramadhan. Namun pada hari pertama Ramadhan, Jumat (24/4), kegiatan ibadah ditiadakan.

Hanya segelintir orang saja (penjaga kebersihan) melakukan shalat Jumat di tempat itu, demikian keadaan Al-aqsa saat ini seperti diberitakan WAFA.

Dua pekan lalu, Dewan Wakaf Islam Yerusalem mengumumkan keputusan untuk sementara waktu melarang umat Muslim berkunjung ke Masjid Al-Aqsa, mengingat jumlah korban positif Corona meningkat signifikan di Yerusalem (Al-Quds).

Keputusan yang diambil setelah mendapat restu dari Dewan Wakaf yang ketuai Yordania selaku pemegang kewenangan menjaga dan mengawasi situs-situs suci di Yerusalem.

Muslim harus “melakukan sholat di rumah mereka selama bulan Ramadhan, untuk menjaga keselamatan mereka”, kata Dewan Wakaf.

Berdasarkan data, jumlah korban positif Covid-19 di Yerusalem sebanyak 15.000 kasus dengan 193 kematian. Semntara di wilayah yang di bawah otoritas Palestina, dilaporkan terdapat 480 kasus telah dikonfirmasi posotif Covid-19, dengan empat kematian. (T/P2/P1)

 

Kantor Berita Mi’raj (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.