Pertama Kali, Menlu AS Akan Kunjungi Indonesia 

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo untuk pertama kalinya akan melakukan kunjungan ke Indonesia, dan dijadwalkan akan bertemu dengan Menlu RI Retno L.P Marsudi  di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri pada 4 Agustus 2018.

Berdasarkan keterangan tertulis Kemlu RI yang diterima MINA, ini adalah kunjungan pertama Menlu Pompeo ke Indonesia dan pertemuan kedua Menlu Retno dan Menlu Pompeo setelah bertemu di Washington DC pada  6 Juni 2018 lalu.

Pada pertemuan tersebut, beberapa isu yang akan menjadi perhatian kedua Menlu antara lain tindak lanjut Strategic Partnership RI-AS serta berbagai isu global dan regional yang menjadi perhatian kedua negara.

“Menteri akan mendiskusikan cara memajukan tujuan bersama di bidang investasi dan perdagangan bilateral serta keamanan. Menguatkan sentralitas ASEAN, serta menyoroti kepemimpinan Indonesia dalam mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ujar juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert, BBC melaporkan.

Indonesia dan Amerika Serikat akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada tahun 2019 mendatang.

Menlu Pompeo juga dijadwalkan akan mengunjungi Kuala Lumpur, Malaysia; Singapura dan menhadiri konperensi Menlu2 ASEAN.

Ia baru saja diangkat sebagai Menlu. yang digambarkan sebagai diplomat teratas AS yang dipilih Presiden Trump karena kesesuaian sikap dan kebijakan antara keduanya dalam masalah-masalah internasional. (L/R04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)