Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pertama Kali, Palestina Resmi Berpartisipasi di Sesi Majelis Umum PBB

sri astuti Editor : Widi Kusnadi - Ahad, 1 September 2024 - 06:09 WIB

Ahad, 1 September 2024 - 06:09 WIB

22 Views

Sidang Majelis Umum PBB. (Foto: North Africa Post)

New York, MINA – Misi Palestina di PBB mengumumkan mereka akan berpartisipasi dalam sesi ke-79 Majelis Umum PBB (GA) untuk pertama kalinya dengan kursi resmi, Anadolu melaporkan.

“Memulai sesi GA ke-79, dan untuk pertama kalinya, Anda dapat menemukan Negara Palestina yang terletak di antara Sri Lanka dan Sudan,” tulis Misi tersebut pada X, seraya menambahkan bahwa posisi tersebut muncul setelah sebuah resolusi diadopsi di Majelis Umum. Anadolu melaporkan.

Resolusi tersebut, ES-10/23, memberikan Palestina hak dan keistimewaan tambahan untuk berpartisipasi di PBB, yang menandai peningkatan statusnya yang penting dalam organisasi internasional tersebut.

Pada bulan Mei, Majelis Umum mendukung sebuah resolusi yang menyerukan evaluasi ulang tawaran keanggotaan Palestina di PBB dan pemberian hak-hak tambahan.

Baca Juga: Abu Ubaidah: Pistol Pahlawan Yordania Lebih Efektif Dibandingkan Pasukan Besar

Resolusi tersebut diadopsi dengan 143 negara anggota yang memberikan suara mendukung. AS termasuk di antara sembilan negara yang menentangnya, sementara 25 negara lainnya abstain.

Palestina mengajukan permohonan keanggotaan penuh PBB pada tahun 2011 tetapi tidak menerima dukungan yang diperlukan dari Dewan Keamanan karena veto AS. Namun, pada tahun 2012, negara itu memperoleh “status pengamat tetap.” []

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pemimpin Oposisi Israel Desak Pemerintah Akhiri Perang Gaza

Rekomendasi untuk Anda

Eropa
Dunia Islam
Palestina
Indonesia