Menlu Indonesia-Menlu Perancis Bahas Penyelesaian Konflik Palestina-Israel

Photo: Kemlu RI

Jakarta, 30 Jumadil Awwal 1438/28 Februari 2017 (MINA) – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P Marsudi telah melaksanakan pertemuan bilateral dengan Menlu , Jean-Marc Ayrault dan salah satu isu yang dibahas yakni penyelesaian .

Pertemuan tersebut diselenggarakan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) di Jakarta, demikian pernyataan Kemlu RI, Selasa (28/2).

Menurut Menlu Retno, Perancis dan memiliki posisi yang sama dalam membicarakan mengenai masalah konflik Israel dan Palestina. RI tahun lalu menjadi tuan rumah dari Special Summit untuk masalah Palestina di dalam konteks Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

“Sementara Perancis tahun lalu juga menjadi tuan rumah dari Paris Peace Conference, dimana Indonesia aktif berpartisipasi dari Paris Conference yang sudah dilakukan dua kali. Kita juga memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya two-state solution,” ujar Menlu Retno.

Sementara itu, Di bidang counter-terrorism, kedua negara sepakat untuk lebih meningkatkan kerja sama, mengingat semua negara menghadapai ancaman yang sama. “Oleh karena itu, Perancis dan Indonesia memiliki komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kerja sama dalam countering terrorism,” kata Menlu Retno.

Tidak hanya itu, pada pertemuan bilateral tersebut, Dua Nota Kesepahaman di bidang Pelatihan dan Pendidikan Diplomatik serta Kerja Sama Kegiatan Keantariksaan telah ditandatangani.

“Penandatangan kedua kerja sama yang baru dilakukan akan menambah bobot dari hubungan yang sudah sangat baik antara Indonesia dan Perancis,” kata Menlu Retno.

Pertemuannya dengan Menlu Ayrault, antara lain bertujuan untuk mempersiapkan rencana kujungan Presiden Perancis, Francois Hollande ke Indonesia akhir Maret 2017.

“Ini akan merupakan sebuah kunjungan yang sangat bersejarah setelah lebih dari 30 tahun tidak ada kunjungan Presiden Perancis ke Indonesia. Beberapa tema sudah kita tetapkan untuk kunjungan Presiden Hollande, antara lain di bidang maritim dan ekonomi kreatif,” tutur Menlu Retno mengenai rencana kunjungan tersebut.

Dalam pertemuan bilateral, kedua Menlu membahas beberapa tema antara lain upaya meningkatkan kerja sama ekonomi RI dan Perancis. Menlu Retno menyatakan bahwa Perancis merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Uni Eropa di bidang ekonomi.(L/R04/RS1)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)