Pertemuan Luar Biasa OKI Dukung Rakyat Afghanistan dan Palestina

Islamabad, MINA – Pertemuan luar biasa para Menteri Luar Negeri (Menlu) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada Ahad (19/12) di Islamabad, Pakistan, menghasilkan dua dokumen yang intinya segera memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan dan mendukung perjuangan .

“Pertemuan darurat OKI hari ini menghasilkan dua outcome
documents, yaitu Resolution on the Humanitarian Situation in Afghanistan dan Islamabad Declaration Concerning the Cause of Palestine and Al-Quds Al-Sharif,” ujar Menlu RI Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual seusai menghadiri tersebut.

Menlu Retno mengatakan, Indonesia terlibat aktif dalam proses perundingan outcome dan mengirim tim ke Riyadh, Arab Saudi untuk memberikan masukan secara langsung.

“Ini adalah bentuk perhatian besar Indonesia terhadap rakyat Afghanistan,” jelasnya.

Menlu menjelaskan, inti dari Resolution on the Humanitarian Situation in Afghanistan antar lain, yakni mendorong badan-badan PBB yang relevan untuk bekerja sama dengan OKI menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Afghanistan.

Menyerukan kepada masyarakat internasional untuk segera mengirimkan bantuan kemanusiaan secara berkesinambungan kepada rakyat Afghanistan.

Memperkuat kantor OKI di Kabul Afghanistan, untuk dapat memfasilitasi penyaluran bantuan kemanusiaan dan bantuan pembangunan bagi rakyat Afghanistan.

Menetapkan, Sekretaris Jenderal OKI agar berkoordinasi dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengamankan pasokan vaksin dan obat-obatan yang dibutuhkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Menekankan pentingnya upaya memberantas terorisme dan memastikan Afghanistan tidak dijadikan tempat untuk aktivitas terorisme.

Mendorong seluruh pihak di Afghanistan untuk mengupayakan inclusiveness, antara lain melalui penyusunan roadmap untuk meningkatkan partisipasi seluruh kalangan di Afghanistan, termasuk kaum perempuan, dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat di Afghanistan

Membentuk Humanitarian Trust Fund untuk Afghanistan di bawah IDB dan menunjuk OIC Assistant Secretary General for Humanitarian, Cultural and Family Affairs sebagai utusan khusus OKI untuk Afghanistan.

Sementara outcome document Islamabad Declaration Concerning the Cause of Palestine and Al-Quds Al-Sharif pada intinya menekankan
kembali dukungan OKI terhadap perjuangan kemerdekaan rakyat
Palestina. (L/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)