PERTEMUAN NEGARA GNB KOMITE PALESTINA BERLANGSUNG HARI INI

Rumah Warga Sipil gaza, hancur diserang Israel. Foto : Alray
Rumah Warga Sipil Gaza hancur diserang Israel. Foto : Alray

Gaza, 8 Syawal 1435/4 Agustus 2014 (MINA) – Para pejabat dari lebih dari 30 negara ambil bagian dalam pertemuan darurat para menteri luar negeri yang tergabung dalam Gerakan Non-Blok  (GNB) di Teheran Senin (4/8).

Pertemuan satu hari ini bertujuan untuk membahas kondisi yang makin memburuk di Gaza menyusul agresi Israel yang masih berlanjut  ke jalur yang luasnya tidak lebih dari 400 km persegi itu, Middle East Monitor yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Pertemuan dihadiri Presiden Hassan Rouhani,  menteri luar negeri Palestina, Lebanon, Venezuela, Bangladesh, Sudan, Uganda, dan Iran. Sedangkan negara-negara lain diwakili wakil menteri luar negeri mereka termasuk .

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif telah meminta anggota Komite Palestina dari GNB untuk mengadakan  pertemuan darurat ini  menyusul kelanjutan agresi Israel  yang menewaskan lebih dari 1.800 warga Palestina memasuki hari ke-28.

Berdasarkan laporan, Zarif telah mengundang 50 negara anggota untuk mengambil bagian dalam pertemuan tersebut.

Sebuah pernyataan bersama dijadwalkan akan dikeluarkan pada akhir pertemuan yang masih berlangsung hingga saat ini, kata Anadolu.

Komite Palestina didirikan pada 1983  dengan negara anggotanya meliputi Aljazair, , Bangladesh, Kuba, India, Indonesia, Malaysia, Senegal, Afrika Selatan, Kolombia, Zambia dan Zimbabwe. Iran  adalah ketua komite Palestina terkini.(T/P03/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0