Pertemuan Zarif dengan Senator AS Bagian Diplomasi Umum Iran

Foto-foto pertemuan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dengan delegasi anggota Kongres AS di Munich, Jerman, Sabtu, 15 Februari 2020. (Foto: Twitter)

Teheran, MINA – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengatakan,
pertemuan baru-baru ini antara Menteri dan seorang senator Amerika Serikat (AS) di Munich terjadi dalam kerangka kerja “diplomasi umum” Iran.

Jurubicara Kemenlu Abbas Mousavi mengunggah tweet pada Selasa (18/2), mengomentari pertemuan hari Sabtu (15/2) di sela-sela Konferensi Keamanan Munich antara Zarif dan delegasi anggota Kongres AS dari Partai Demokrat yang dipimpin oleh Senator Connecticut Chris Murphy.

“Zarif selalu mengatakan bahwa dia akan bertemu dengan beberapa anggota Kongres AS, yang meminta untuk bertemu dengannya, dan merinci poin menguntungkan Republik Islam Iran dan realitas kawasan tersebut,” jelas Mousavi, demikian Press TV melaporkan.

“Langkah-langkah ini adalah bagian dari diplomasi umum (Iran), yang mencakup pertemuan dengan para elit dan lembaga think tank serta wawancara dan pengarahan dengan perwakilan pers,” katanya.

Hari Ahad (16/2), Zarif mengunggah di Twitter foto-foto pertemuannya dengan para pejabat asing yang berlangsung di sela-sela konferensi.

Presiden AS Donald Trump menilai delegasi Kongres AS melanggar Undang-Undang Logan, yakni undang-undang federal yang mencegah “warga negara Amerika yang tidak sah” dari negosiasi dengan pemerintah asing yang memiliki perselisihan dengan AS.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mempertanyakan motif Murphy atas pertemuan itu. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.