Perubahan Konstitusi Rusia Mulai Berlaku 4 Juli

Moskow, MINA – Pusat Pemerintahan Rusia di Moskow, Kremlin mengeluarkan pernyataan bahwa perubahan konstitusi Rusia, termasuk amandemen yang dapat membuka jalan bagi Presiden Vladimir Putin untuk memerintah negara itu hingga 2036, mulai berlaku pada Sabtu 4 Juli 2020.

Vladimir Putin juga telah menandatangani Perintah Eksekutif amendemen Konstitusi Rusia yang mengizinkan dirinya berkuasa sampai 2036 tersebut.

Mengutip dari Arabnews, pemilih mendukung perubahan, yang disetujui setelah pemungutan suara nasional yang berakhir pada Rabu (1/7), dengan hampir 78 persen orang memberikan suara mereka.

Kremlin memuji pemungutan suara sebagai kemenangan, sementara para kritikus menyatakan itu sebagai ilegal dan tidak sah. Kelompok pemantau independen mengatakan pemungutan suara itu sangat cacat.

Reformasi kunci lainnya termasuk amandemen yang memberikan mantan presiden Rusia kekebalan otomatis dari penuntutan pidana, serta reformasi yang mengabadikan referensi untuk “percaya pada Tuhan” dan pernyataan tentang pernikahan yang hanya menjadi persatuan antara pria dan wanita (LGBT dilarang). (T/R6/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)