Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perunding Israel: Pernyataan Netanyahu Gagalkan Pembicaraan Gencatan Senjata

sri astuti Editor : Widi Kusnadi - Rabu, 21 Agustus 2024 - 21:34 WIB

Rabu, 21 Agustus 2024 - 21:34 WIB

16 Views

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: Palinfo)

Kairo, MINA – Anggota tim perunding Israel untuk gencatan senjata di Jalur Gaza dan perjanjian pertukaran tahanan dengan Hamas mengecam Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, menuduhnya sengaja membuat pernyataan untuk menggagalkan perundingan.

Media Israel, Kan, mengutip para pejabat yang ikut serta dalam pembicaraan tersebut yang mengatakan bahwa “Pernyataan Netanyahu dimaksudkan untuk menyabotase negosiasi. Tidak ada penjelasan lain.”

“Perdana Menteri tahu kita berada pada titik kritis ketika berupaya menemukan solusi terhadap masalah poros Philadelphi dan Netzarim sebelum putaran perundingan berikutnya, dan dia tahu bahwa ada kemajuan. Meskipun demikian, dia mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan apa yang disepakati dengan para mediator,” kata mereka. Demikian dikutip dari Middle East Monitor.

Menurut sumber yang mengetahui rincian pertemuan antara Netanyahu dan keluarga para sandera yang ditahan di Gaza dan keluarga tentara yang terbunuh di Jalur Gaza, Netanyahu mengatakan bahwa “Israel tidak akan menarik diri dari Koridor Philadelphi dan Koridor Netzarim dalam kondisi apa pun, meskipun ada tekanan besar.”

Baca Juga: Organisasi HAM Rohingya Desak India Bebaskan Pengungsi yang Mogok Makan

Menanggapi kritik tersebut, Kan, mengutip orang-orang dekat Netanyahu yang mengatakan bahwa “siapa pun yang tidak menyukai cara Perdana Menteri melakukan negosiasi, silakan angkat kaki dan pergi.”

Meskipun ada ketegangan besar di antara para pihak, sumber-sumber di tim perundingan mengatakan anggota tim perundingan, yang terdiri dari para kepala dinas keamanan, tidak berniat menyerahkan posisi mereka “pada tahap kritis perundingan ini.”

Channel 13 Israel melaporkan Mayor Jenderal Nitzan Alon, yang ditugaskan oleh tentara untuk mengurus berkas perundingan, tidak bergabung dengan delegasi Israel yang mengadakan pembicaraan di Kairo selama dua hari terakhir.

Alon membenarkan hal ini dengan mengatakan “tidak ada gunanya mengingat kurangnya fleksibilitas Netanyahu mengenai masalah Koridor Philadelphi dan Koridor Netzarim.Jika tidak ada fleksibilitas dalam masalah mendasar ini, tidak ada gunanya pergi ke Mesir.”

Baca Juga: Universitas Berkeley Luncurkan Program Studi Palestina-Arab Pertama di AS

Channel 13 menyatakan putaran perundingan yang dijadwalkan pada akhir pekan ini di Kairo dengan partisipasi Kepala Mossad David Barnea akan ditunda sampai “ada kemajuan dalam perundingan,” dan melaporkan bahwa “sejauh ini, tidak ada kemajuan yang dicapai.” []

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kamala Harris Dikecam karena Ulang Tuduhan “Hamas Lakukan Pemerkosaan”

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Internasional
Palestina
Internasional
Palestina
Palestina