Perusahaan Indonesia dan Qatar Jalin Kerja Sama Produksi Susu

Foto: Kemlu RI

Jakartaa, MINA – Direktur Utama PT. Berdikari (Persero), Harry Warganegara, dan CEO Baladna Food Industries Qatar, Piet Hilarides melakukan penandatanganan virtual Nota Kesepahaman kerja sama produksi susu.

“Bertepatan dengan hubungan bilateral RI-Qatar yang menginjak dekade ke-5 pada tahun 2022, diharapkan kerja sama ini dapat memperkuat hubungan ekonomi bilateral kedua negara khususnya dalam mendukung pemulihan ekonomi” kata Wamenlu RI, Mahendra Siregar, dalam sambutanya seperti dikutip dari laman Kemlu RI, Rabu (26/1).

Mahendra mengatakan, Nota Kesepahaman tersebut mencangkup kerja sama di bidang peternakan, namun tidak terbatas pada kerjasama dalam bidang pembibitan, penggemukan, sapi perah terintegrasi, rumah potong hewan, penjualan ternak, hasil ternak dan produk olahan hasil ternak baik dalam negeri ataupun ekspor ke luar negeri, food processing serta kerjasama di bidang lainnya.

Menurutnya, Penandatanganan Nota Kesepahaman memberikan arti penting bagi hubungan bilateral antara Republik Indonesia dan Qatar, selain itu dapat mendukung PT. Berdikari (persero) untuk terus berkembang menjadi BUMN yang kompeten di bidang peternakan dan memenuhi kebutuhan susu di Indonesia.

Saat ini, 80 persen pemenuhan kebutuhan susu di Indonesia masih berasal dari impor. Tawaran kerja sama ini berpotensi dapat mendukung para peternak lokal dalam peningkatan produksi susu dalam negeri.

Sebagai tindak lanjut, kedua perusahaan sepakat untuk segera membahas teknis implementasi perjanjian dimaksud agar kerja sama antara keduanya dapat terlaksana dalam waktu dekat. (R/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)