Perusahaan Intel Israel: Serangan IDF di Pangkalan Suriah Targetkan Drone Iran

Citra satelit pangkalan udara T-4 Suriah di dekat Palmyra tertanggal 22 Mei dan 2 Juni 2019. (Gambar: ImageSat International)

Tel Aviv, MINA – Perusahaan analisis citra satelit Israel pada Selasa (4/6) memastikan, target serangan udara Angkatan Pertahanan Israel (IDF) di pangkalan udara Suriah awal pekan ini adalah fasilitas drone Iran.

Menurut perusahaan ImageSat International, serangan pada Ahad (2/6) malam lalu merupakan serangan tepat, yang menargetkan “satu elemen atau hanya beberapa elemen” yang terhubung dengan program kendaraan udara tak berawak Teheran di Suriah, yang menunjukkan bahwa komponen-komponen itu sangat penting.

Penilaian ini didasarkan pada gambar satelit yang diambil pada Selasa dari fasilitas yang ditargetkan, yaitu pangkalan udara T-4 di dekat Palmyra.

Setelah membandingkan foto-foto tersebut dengan foto-foto pada 22 Mei, perusahaan intelijen swasta itu menetapkan bahwa serangan menghantam fasilitas kecil di pangkalan udara, demikian Times of Israel melaporkan.

Perusahaan itu mengatakan, sejumlah pesawat kargo baru-baru ini mendarat di pangkalan dari Iran sebelum serangan terjadi, menunjukkan bahwa Iran telah mengirimkan peralatan yang menjadi sasaran.

“Menurut penilaian kami, masuk akal bahwa (target) adalah komponen yang terhubung dengan program UAV (Iran),” kata ImageSat dalam sebuah pernyataan.

Media pemerintah Suriah mengatakan bahwa Israel berada di belakang serangan Ahad malam di pangkalan udara T-4, yang telah dibom IDF di masa lalu dan telah lama diklaim oleh Israel sebagai fasilitas yang digunakan Iran dan proksi-proksinya. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)