Perusahaan Saudi Tawar Klub Chelsea

Riyadh, MINA – Sebuah perusahaan Saudi dilaporkan telah mengajukan tawaran besar-besaran senilai £2,7 miliar untuk membeli Chelsea Football Club, setelah pemiliknya miliarder Rusia Roman Abramovich menempatkan klub sepakbola London Barat itu untuk dijual pekan lalu.

Tawaran atas salah satu club papan atas sepakbola Inggris ini  dikabarkan dipimpin oleh ‘penggemar’ Chelsea Mohamed Alkhereiji, Ketua Saudi Media Company (SMC).

SMC adalah salah satu perusahaan media terbesar di Arab Saudi dan merupakan perwakilan penjualan media eksklusif untuk Saudi Research and Media Group (SRMG) – sebuah perusahaan yang telah banyak berinvestasi di The Independent dan Evening Standard.

Inggris memberikan sanksi kepada pemilik Chelsea saat ini Roman Abramovich pekan lalu, bersama dengan enam oligarki lainnya yang memiliki hubungan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin atas invasi Moskow ke Ukraina.

Perusahaan tersebut tidak memiliki hubungan langsung dengan pemerintah Saudi, tetapi banyak perusahaan investasi asing di kerajaan tersebut memiliki hubungan tidak langsung dengan pejabat negara Saudi.

Inggris memiliki hubungan dekat dengan Arab Saudi. Pada Selasa (15/3), Menteri Olahraga Inggris mengatakan, hubungan antara kedua negara “sangat penting”.

Perdana Menteri Boris Johnson saat ini berada di Arab Saudi untuk membahas pembelian minyak sebagai sumber energi alternatif untuk Inggris, setelah pemerintahnya memboikot minyak Rusia menyusul invasi Moskow ke Ukraina. (T/RI-1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.