Pesan Idul Adha Putin: Nilai-nilai Islam Perkuat Kerukunan Antaretnis

Moskow, MINA – Presiden Vladimir Putin menyampaikan pesan Idul Adha yang isinya menyatakan nilai-nilai Islam berfungsi memperkuat kerukunan antaretnis dan melestarikan keragaman budaya Rusia.

Putin menyampaikan pesan ucapan selamat saat perayaan Hari Idul Adha pada Selasa (20/7).

“Hari raya kuno ini, yang berakar dari berabad-abad lalu, menarik orang-orang percaya pada asal-usul dan nilai-nilai Islam, menyerukan kasih sayang, keadilan dan kesalehan, sikap peduli dan ramah terhadap orang lain,” kata pesan itu, seperti dikutip dari media Rusia TASS, Kamis (22/7).

“Cita-cita kemanusiaan dan moral yang luhur ini, yang menjadi landasan semua agama dunia, berfungsi sebagai kekuatan pemersatu yang kuat, berkontribusi untuk memperkuat kerukunan antaretnis dalam masyarakat dan melestarikan keragaman budaya dan tradisi otentik rakyat kita,” tegas Putin.

Idul Adha, Festival Kurban, dirayakan pada hari kesepuluh bulan ke-12 kalender lunar Islam dan menandai akhir dari haji, ziarah Muslim ke Mekkah.

Idul Adha secara tradisional dimulai dengan khutbah dan doa khusus, yang berpuncak pada pengorbanan hewan.

Administrasi spiritual daerah di Rusia membuat keputusan tentang format shalat hari raya secara mandiri, dengan mempertimbangkan situasi protokol pandemi. (T/R6/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.