Pesan Imaamul Muslimin Kepada Para Pemuda

(Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansyur. Foto: MINA)

Jakarta, 21 Sya’ban 1438 / 17 Mei 2017 (MINA) – Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansyur memberikan pesan kepada para pemuda penerus dakwah Islam agar senantiasa mencintai agamanya. Ia mengatakan bahwa kekuatan Islam salah satunya ada dari para pemuda.

“Islam tegak karena adanya Assabiqunal Awwalun (generasi pendahulu) yang rata-rata para pemuda. Kekuatan Islam ini ada di pemuda, jadi pemuda harus aktif,” katanya dalam tausiah kepada para pemuda di Bogor, Rabu (17/5).

Ia menambahkan, sebagai penerus agama, perlu adanya menguatkat pilar-pilar Islam. “Pemuda hendaknya bisa mencontoh dari sifat para Assabiqunal Awwalun, para pemuda yang rela berjuang demi agamanya,” katanya.

“Sifat-sifat para Assabiqunal Awwalun adalah mencintai syariat Islam lebih dari apapun, kalau sudah ada panggilan syariat ini yang utama,” jelasnya.

Imaam mengatakan, selain harus mengimani Al-Quran, pemudah juga harus mencintai Rasul karena para sahabat dulu saja membela mati-matian meski banyak yang menolaknya.

Sifat para Assabiqunal Awwalun lainnya yang perlu ditiru pemuda Islam adalah membelanjakan hartanya di jalan Allah seperti halnya membayar infaq, zakat, dan shadaqah.

Menurutnya, pemuda harus menjauhi sifat iri dan dengki serta menyadari keterbatasan diri, kemudian menjauhi perdebatan yang dapat menimbulkan perpecahan, juga bisa menempatkan dirinya pada kedudukan yang proporsional.

“Sifat para Assabiqunal Awwalun mengedepankan kepentingan agama kalau sudah bicara kepentingan agama itu (mereka) sangat dahsyat, ini pasti juga bisa dimiliki pemuda (sekarang),” kata Imaam Yakhsya. (L/R08/B01/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)