Menteri Agama Sampaikan Pesan untuk Siswa Madrasah yang Mengikuti UAMBN

(Foto: Kemenag)
(Foto: Kemenag)

Jakarta, 5 Jumadil Akhir 1437/14 Maret 2016 (MINA) – Menteri Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan selamat kepada siswa Aliyah (MA) di seluruh Tanah Air yang mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mulai Senin ini sampai Rabu.

Ia berharap para siswa mampu mengikuti ujian dengan baik dan terus giat belajar, demikian keterangan pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Selamat kepada segenap siswa madrasah di seluruh Tanah Air yang sedang mengikuti Ujian Akhir Madrasah Bertaraf Nasional. Semoga mampu mengatasi ujian dengan baik,” demikian disampaikan Menteri Agama melalui pesan singkat, Senin (14/3).

Lukman yang saat ini sedang melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi terkait persiapan pelaksanaan ibadah haji 1437H/2016M mengatakan, ujian merupakan momentum untuk lebih mengenali kemampuan diri.

Karenanya, kejujuran dalam menjalani ujian harus dikedepankan. Menurut Menag, sudah semestinya moment ujian dihadapi dengan  semangat untuk lebih giat belajar. “Kita juga menjadi banyak belajar justru setelah banyak menghadapi ujian,” ujarnya.

Sebanyak 410.531 siswa Madrasah Aliyah akan mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandard Nasional (UAMBN) mulai Senin (14/3) ini. UAMBN akan berlangsung selama tiga hari sampai dengan Rabu (16/3) mendatang.

Adapun mata pelajaran yang diujikan ada lima yang merupakan pelajaran ciri khas madrasah, yaitu: Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab.

Khusus untuk siswa MA dengan peminatan keagamaan, ujiannya  akan difokuskan pada pelajaran Ilmu Kalam, Akhlak Tasawwuf, SKI, dan Bahasa Arab.

Berbeda dengan MA, UAMBN Madrasah Tsanawiyah (MTs) baru akan digelar pada 11 – 13 April mendatang. Sampai saat ini, tercatat lebih dari 1 juta siswa MTs akan mengikuti UAMBN pada tahun ajaran 2015/2016 ini.

Selamat menempuh UAMBN! (T/R05/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)