Pesawat Bantuan Kemanusiaan Saudi Tahap Ketiga untuk Palestina Tiba di El-Arish Mesir

Pesawat bantuan kemanusiaan Arab Saudi tahap ketiga tiba di Bandara Internasional El-Arish, di Republik Arab Mesir, Sabtu (11/11/2023).(Foto: SPA)

El-Arish, MINA – Pesawat tahap ketiga tiba di Bandara Internasional El-Arish, di Republik Arab Mesir, Sabtu (11/11), membawa 35 ton berbagai bantuan yang dijadwalkan untuk diangkut ke Jalur Gaza untuk membantu meringankan penderitaan masyarakat di daerah terblokade itu.

Bantuan kemanusiaan tersebut merupakan hasil dari kampanye penyaluran bantuan kemanusiaan guna meringankan penderitaan saudara-saudara Palestina di Jalur Gaza, sesuai arahan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud bersama Putra Mahkota dan Perdana Menteri Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz.

“Hal ini sesuai dengan pendirian bersejarah Kerajaan Arab Saudi terhadap persaudaraan rakyat Palestina di saat menalami krisis dan kesengsaraan,” tulis pernyataan resmi Kerajaan Saudi dilaporkan SPA.

Pesawat bantuan kemanusiaan Saudi tersebut sebelumnya diterbangkan dari Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh menuju Bandara Internasional Al-Arish di Republik Arab Mesir.

Pada pengiriman bantuan kemanusiaan Saudi untuk Palestina tahap pertama dan kedua sejak Kamis (9/11),  juga dilakukan dengan pesawat yang membawa 35 ton barang bantuan dan tempat berlindung.

Dalam keterangan persnya kepada Saudi Press Agency (SPA) dikutip MINA, Penasihat di Istana Kerajaan dan Pengawas Jenderal Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSrelief) Dr. Abdullah bin Abdulaziz Al Rabeeah menekankan, bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza ini mencerminkan apa yang dilakukan pemerintah melalui Penjaga Dua Masjid Suci danPutra Mahkota, yang memiliki rasa kemanusiaan yang luhur dan keinginan besar untuk membantu negara lain.

Dr Al Rabeeah mencatat, pengangkutan udara ini akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang, di mana pusat tersebut saat ini sedang mempertimbangkan kemungkinan mengoperasikan pengangkutan bantuan jalur laut sesuai dengan kebutuhan untuk memastikan kecepatan pengiriman, menekankan peran kemanusiaan yang dimainkan oleh Kerajaan dalam membantu negara-negara lain selama berbagai krisis.

Dia menambahkan, sikap ini mencerminkan kedalaman hubungan persaudaraan dan ikatan yang kuat antara Kerajaan Saudi dengan Palestina.

Pengawas Jenderal juga memuji upaya Penjaga Dua Masjid Suci dan HRH Putra Mahkota dalam membantu negara-negara persaudaraan dan sahabat.(T/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.