Pesawat Delegasi Israel dan AS akan Terbang Lewati Wilayah Arab Saudi

Tel Aviv, MINA – Sebuah yang membawa delegasi Israel dan Amerika Serikat akan terbang dari Israel ke Uni Emirat Arab pada Senin (31/8) melewati wilayah Arab Saudi, menurut sumber yang mengetahui rencana perjalanan tersebut.

Maskapai penerbangan Israel El Al akan membawa delegasi Presiden AS Donald Trump, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan bersama jurnalis lainnya – ke Abu Dhabi untuk melakukan pembicaraan membangun hubungan terbuka antara Uni Emirat Arab dan Israel.Middle East Monitor melaporkan, Selasa (1/9).

Ditanya apakah pesawat akan terbang melewati wilayah Arab Saudi yang direncanakan mengatur waktu penerbangan selama tiga jam dan 20 menit, sumber yang menolak disebutkan namanya atau kewarganegaraannya, meminta agar menunggu pengumuman resmi dari rute tersebut, tapi ia mengatakan: “Ya.”

Empat negara dan El Al menolak berkomentar tentang rute tersebut, demikian diberitakan.

Kesepakatan yang dimotori AS antara UEA dan Israel telah menimbulkan spekulasi bahwa negara-negara Teluk Arab yang didukung AS mungkin akan menyusul.

Namun seorang anggota senior keluarga kerajaan Arab Saudi mengatakan,  Riyadh hanya akan menormalisasi hubungan dengan Israel setelah pembentukan negara Palestina.

Pada 2018, Netanyahu melakukan kunjungan mendadak ke Oman dengan jadwal ketat yang menunjukkan bahwa pesawatnya harus terbang di wilayah Arab Saudi. Dia dan para pembantunya menolak memberikan rincian tentang rute itu. (T/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)