Pesepak bola Asnawi Mangkualam Resmi Gabung Klub Korea Selatan

Jakarta, MINA – Pemain PSM Makassar, Asnawi Mangkualam menambah daftar panjang pemain Indonesia yang akan segera berkarier di luar negeri.

Asnawi adalah juga merupakan mantan pemain timnas U-19 yang mendapat banyak pujian karena mempraktekkan minum sesuai sunnah Nabi Muhammad, yakni dengan duduk. Selain itu, ia selalu mencium tangan sang pelatih ketika hendak masuk dan keluar lapangan pertandingan. Hal itu terbilang cukup jarang dilakukan seorang atlet.

Pemain 21 tahun itu dikabarkan akan segera bergabung ke Ansan Greeners FC, klub yang bermain di kasta kedua Liga Korea Selatan. Demikian dalam keterangan pers yang diterima MINA, Senin (25/1).

Kabar tersebut disampaikan oleh kepala tim Ansan Greeners FC, Joo Chan-yong, yang menjelaskan bahwa Asnawi direkrut dengan durasi kontrak selama satu musim dengan opsi perpanjangan.

“Telah diputuskan untuk mengontrak bek timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. Jangka waktu kontrak ditetapkan satu tahun (plus satu tahun opsi),” kata Joo Chan-yong dikutip dari Naver Sports.

Kepindahan Asnawi ke Negeri Ginseng tak lain bermula dari rekomendasi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Juru taktik berusia 51 tahun itu menilai bahwa Asnawi merupakan pemain Indonesia yang punya kemampuan untuk bersaing di Korea Selatan.

“Sebagai bek, dia adalah pemain yang punya kemauan dan semangat tinggi. Dia bisa bermain dengan baik bahkan di divisi utama K-League,” ucap Shin Tae-yong, mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

Rekomendasi Shin Tae-yong memuluskan jalan Asnawi Mangkualam berkiprah sebagai pemain Indonesia pertama di K-League.

Shin Tae-yong benar-benar merasa Asnawi bisa cemerlang di Liga Korea Selatan karena dianggap memiliki mental dan semangat belajar yang tinggi.

“Percaya diri terus! Jangan berkecil hati, tunjukkan apa yang kamu lakukan dalam latihan dan kompetisi di Indonesia,” kata Shin Tae-yong.

Selain itu, PSM Makassar kabarnya belum resmi melepas pemain timnas U-22 Indonesia itu. Akan tetapi, lewat Media Officer tim Sulaiman Abdul Karim, PSM menegaskan pihaknya tidak akan menghalangi pemain yang ingin berkarier di luar negeri.

“Kalau ada peluang untuk pengembangan karier pemain, ya itu bagus untuk pemain. PSM Makassar sendiri mendukung perkembangan pemain muda yang berkarier terutama untuk bermain di luar negeri,” kata Sulaiman Abdul Karim. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)