Peserta Gowes Al-Aqsa Kibarkan Bendera Indonesia dan Palestina di Jalan Pantura

Semarang, MINA – Setidaknya 50 peserta Gowes Solidaritas Palestina mengibarkan bendera Indonesia dan Palestina di sepanjang 100 kilometer jalan nasional Pantai Utara (Pantura) yang membentang dari ibukota Provinsi Jawa Tengah, Semarang menuju kota Kabupaten Pekalongan, Ahad (21/11).

Gowes solidaritas Palestina kali ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pekan Solidaritas Palestina yang diselenggarakan oleh Aqsa Working Group (AWG) guna menyambut seruan PBB yang menetapkan tanggal 29 November menjadi hari Solidaritas Internasional untuk Palestina.

Gowes Solidaritas Palestina mengambil start dari depan Masjid Al Hikmah Jalan Suyodono Semarang yang dilepas oleh Imam Muslimin Yakhsyallah Mansur selaku pembina AWG pusat melalui sambungan telepon dari Cileungsi Bogor Jawa Barat.

“Sebelum kami lepas perlu difahami bahwa gowes ini akan menjadi catatan amal bahawa ikut andil dalam upaya pembebasan Al-Aqsa,” katanya melalui sambungan telepon yang disambungkan dengan pengeras suara.

Perjuangan itu bukan hasil yang signifikan, tetapi adalah usahanya. Karenanya jangan perna kendor untuk ikut andil dalam perjuangan pembebasan Al-Aqsa.

“Semoga tiap gowesan atau genjotan sepeda para peserta sekalian dicatat oleh Allah dan menjadi amal kebaikan untuk membebaskan Al-Aqsa,” kata Yakhsyallah memberi semangat.

Peserta gowes nampak bersemangat, bahkan ada peserta tertua, Makmun berusia 76 tahun. Salah satu peserta juga H Alfarobi (55 tahun) tetap menjalankan puasa sunnah Daud, yang tak tertinggal dalam menggowea sepedanya sampai finish di Pekalongan.

Ketua Biro AWG Jawa Tengah, Reza Soebasir kepada MINA mengungkapkan, AWG menggelar Pekan Solidaritas Palestina Internasional pada 22-29 November 2021 yang merupakan acara tahunan dalam rangka mendukung pembebasan Masjid Al-Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

“Ini salah satu aksi kami untuk pembebasan Al-Aqsa, sekaligus menggugah ummat muslim untuk peduli pada Al Aqsa,” ujarnya.

Tahun ini, mengangkat tema “Bergerak Berjama’ah Bebaskan Al-Aqsa dan Palestina”. Selain Gowes Al-Aqsa, dan pengibaran bendera Palestina di puncak gunung, AWG juga akan menggelar peluncuran buku “Pembebasan Masjidil Al-Aqsa Kewajiban Seluruh Umat Islam”, pameran foto, Talkshow Millenial Peacemaker Forum, Roadshow Film Palestina.

AWG adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum Muslimin untuk pembebasan Masjid Al-Aqsa dan membantu perjuangan rakyat Palestina.

AWG didirikan oleh komponen umat yang hadir dalam Al-Aqsa International Conference yang diselenggarakan di Wisma Antara Jakarta pada tanggal 20 Sya’ban 1429H/ 21 Agustus 2008. (L/Rsd/Ags/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)