Peserta MTQMN XV 2017 Terbanyak Dalam Sejarah

Perwakilan Peserta MTQMN Ke-14 Saat berada di Panggung Utama Balairung UI, Sabtu (1/8) malam. (Foto: Chamid/MINA)

Malang, MINA – Peserta Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV tahun 2017 merupakan terbanyak dalam sejarah diadakannya kompetisi.

MTQMN tahun ini tercatat dari 251 Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan peserta 3.000 orang yang diselenggarakan selama 5 hari di Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya (UB) mulai 29 Juli hingga 2 Agustus 2017.

Menurut laman resmi MTQMN, cara ini diresmikan oleh Menteri Riset dan Teknologi, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Selain itu, Gubernur Jawa Timur juga dijadwalkan akan turut hadir memeriahkan acara pada malam tersebut di Lapangan Rektorat, Universitas Brawijaya.

Baca Juga:  Praktisi Pendidikan Harap Study Tour Sekolah Tidak Dilarang

Pembukaan akan diawalli dengan pawai kafilah pada pagi hari dari Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang dan berakhir di Lapangan Rektorat UB. Acara ini akan dimeriahkan dengan konser musik religi oleh Opick.

Selain itu dimeriahkan oleh penampilan berbagai UKM UB sebagai sarana untuk menampilkan kreativitas mahasiswa kepada masyarakat nasional yang akan diisi oleh Marching Band Ekalavya Suara Brawijaya, Paduan Suara Mahasiswa UB serta penampilan teater kolosal oleh Unitantri, Teater Kutub, dan Seni Religi.

Di samping itu juga budaya khas Malang akan turut dipertunjukan pada malam pembukaan ini oleh Sanggar Seni Senaputra, selain para peserta kegiatan ini juga terbuka untuk masyarakat.

MTQMN merupakan perlombaan di bidang Al Qur’an yang diikuti oleh mahasiswa tingkat nasional. Mahasiswa yang boleh mengikuti kompetisi ini adalah yang sudah terdata dalam Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT).(T/R10/P2)

Baca Juga:  Kemenparekraf Fokus Wujudkan Pariwisata Berkualitas

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)