Petugas dan Jamaah Haji Bantu Bangun Kembali Masjid di NTB

Jakarta, MINA – Dana bantuan petugas dan jamaah haji 1439H sebesar Rp3,1 miliar diserahkan oleh Direktur Bina Haji Khoirizi kepada Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan. Serah terima berlangsung di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (16/10).

“Ini bantuan dari petugas dan jemaah haji 1439H. Ini menjadi bagian tak terpisahkan dari bantuan tali asih Kemenag untuk saudara kita di Nusa Tenggara Barat (NTB),” kata M Nur Kholis Setiawan di Jakarta, sebagaimana laporan Kemenag.

Menurut dia, ketika terjadi gempa di NTB, Menag meminta jajarannya untuk menghimpun dana tali asih. Ajakan ini juga disambut para petugas dan jamaah haji. Hasilnya, terkumpul dana sekitar Rp17,2 miliar, Rp. 3 miliar di antaranya dari petugas dan jemaah.

“Amanah dari petugas dan jemaah, dana ini akan diperuntukan untuk membangun masjid,” jelas M Nur Kholis Setiawan.

Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Kabag TU Kanwil Kemenag NTB. menurutnya, sudah ditentukan titik area pembangunan masjid. Nantinya, ada dua masjid yang akan dibantu, masing-masing Rp. 1 miliar. Keduanya berlokasi di Lombok Utara dan Lombok Timur.

“Lombok timur termasuk daerah kurang mampu. Masyarakat di sana sangat membutuhkan bantuan untuk membangun kembali masjid yang sudah rata dengan tanah,” terangnya.

“Di Lombok Utara, ada masjid yang belum tersentuh bantuan. Kemenag sudah memberikan bantuan di salah kecamatan. Nah ini masjidnya di kecamatan yang lain yang kondisinya juga roboh rata dengan tanah,” sambungnya.

Sementara dana yang Rp 1,1 miliar lainnya, kata M Nur Kholis akan digunakan untuk merenovasi beberapa masjid di daerah Sumbawa. Sebab, korban terdampak bencana NTB tidak hnya di Lombok, tapi juga di Sumbawa.

“Beberapa titik sudah ditentukan. Nanti akan diputuskan apakah untuk sepuluh atau lima masjid di sana,” tuturnya.

M Nur Kholis menambahkan, bantuan ini akan diserahkan oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin pada Rabu (17/10) besok di NTB. Kemenag sebelumnya sudah menyalurkan sekitar Rp7miliar. Sisanya atau sekitar Rp10miliar akan diserahkan Rabu ini.

“Ini tentu bagian dari kebersaman kita di Kemenag. Total 17,2 miliar yang sudah terhimpun adalah sebuah angka yang sangat luar biasa, bentuk empati saudara kita, seluruh stakeholders Kementerian Agama. Ini yang tidak dimiliki kementerian lain,” tandasnya.

Direktur Bina Haji Khoirizi menambahkan bahwa menindaklanjuti arahan Menag, pihaknya mengajak petugas dan jemah untuk membantu sKaudara yang tertimpa musibah di NTB. “Alhamdulillah ajakan ini ditangkap dengan baik oleh petugas dan jemaah,” jelasnya.(R/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.